Jurnalis Arab Saudi Menghilang

Kanada: Penjelasan Saudi soal Khashoggi Tidak Kredibel

Willy Haryono 21 Oktober 2018 17:30 WIB
amerika serikatarab sauditurkipolitik kanada
Kanada: Penjelasan Saudi soal Khashoggi Tidak Kredibel
Menlu Kanada Chrystia Freeland. (Foto: AFP)
New York: Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland menilai penjelasan Arab Saudi mengenai kematian jurnalis Jamal Khashoggi tidak kredibel. Riyadh mengakui Khashoggi tewas di dalam konsulat di Istanbul pada 2 Oktober, setelah sempat berkelahi dengan sejumlah orang di gedung tersebut.

Dalam sebuah pernyataan resmi, Menlu Freeland mengucapkan belasungkawa mendalam kepada keluarga dan kerabat serta tunangan Khashoggi, Hatice Cengiz.

"Penjelasan Arab Saudi tidak memiliki kredibilitas. Kami menekankan kembali seruan untuk investigasi menyeluruh, lewat kolaborasi penuh dengan otoritas Turki," ucap Menlu Freeland, seperti dikutip dari kantor berita IRNA, Sabtu 20 Oktober 2018.


"Pihak yang berada di balik pembunuhan Khashoggi harus bertanggung jawab dan diseret ke hadapan hukum," lanjut dia.


Infografis kasus Khashoggi. (Foto: AFP)

Khashoggi dinyatakan hilang usai memasuki Konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober. Turki menduga Khashoggi telah dibunuh di konsulat, sementara Arab Saudi membantahnya.

Namun 18 hari berlalu, Arab Saudi akhirnya mengakui kematian Khashoggi setelah mendapat tekanan kuat dari komunitas internasional. Riyadh mengumumkan telah memecat lima pejabat tinggi dan menangkap 18 orang terkait kematian Khashoggi.

Pernyataan Menlu Freeland bertolak belakang dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang menilai penjelasan Arab Saudi kredibel.

Baca: Jamal Khashoggi: Dunia Arab Butuh Kebebasan Berekspresi



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id