Yaman dan Houthi Sepakati Pertukaran Ratusan Tahanan
Iring-iringan mobil Utusan Khusus PBB untuk Yaman Martin Griffiths di Sanaa, Yaman, 3 Desember 2018. (Foto: AFP/MOHAMMED HUWAIS)
Sanaa: Pemerintah Yaman dan pemberontak Houthi menyepakati pertukaran ratusan tahanan menjelang rencana dialog damai di Swedia. Perjanjian disepakati dalam kunjungan Utusan Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Yaman Martin Griffiths ke Yaman.

Menurut keterangan seorang pejabat pemerintah Hadi Haig kepada kantor berita AFP, Selasa 4 Desember 2018, perjanjian ini meliputi pembebasan sekitar 1.500 hingga 2.000 untuk kubu pemerintah dan 1.000 hingga 1.500 anggota pemberontak.

"Kami menyambut baik perjanjian antara kubu bertikai di Yaman untuk pembebasan, pemindahan dan repatriasi ratusan tahanan," ujar Komite Palang Merah Internasional (ICRC), seperti dilansir dari AFP.


"Ini merupakan satu langkah menuju pembangunan rasa saling percaya antar masyarakat Yaman," kata jubir ICRC Mirella Hodeib. ICRC mengaku akan mengawasi dan memfasilitasi pertukaran tahanan.

Koalisi militer pimpinan Arab Saudi telah mengintervensi konflik di Yaman sejak 2015. Tujuan utama koalisi adalah mengembalikan kekuasaan kepada Presiden Abedrabbo Mansour Hadi yang kini tinggal terasing di Arab Saudi.

Baca: Pemberontakan Houthi dan Intervensi Saudi di Yaman

PBB berharap dapat menyatukan kedua kubu dalam dialog damai pekan ini di Swedia. Hadi Haiq mengatakan pertukaran tahanan akan dilakukan usai berlangsungnya beberapa fase diskusi di Swedia.

Senin kemarin, sebuah pesawat sewaan PBB mengevakuasi sekitar 50 anggota Houthi yang terluka untuk dirawat di rumah sakit di Oman. Evakuasi tersebut adalah salah satu syarat dari Houthi untuk menghadiri dialog di Swedia.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id