Milisi dukungan Turki yang melakukan operasi militer di Suriah saat melawan ISIS. Foto: AFP
Milisi dukungan Turki yang melakukan operasi militer di Suriah saat melawan ISIS. Foto: AFP

Tentara Turki Gugur saat Usir Pasukan Kurdi

Internasional Turki serang Kurdi
Marcheilla Ariesta • 12 Oktober 2019 08:18
Ankara: Kementerian Pertahanan Turki mengonfirmasi gugurnya prajurit saat operasi Peace Spring. Operasi tersebut dilakukan di wilayah Suriah Timur Laut untuk mengusir pasukan Kurdi.
 
"Meninggal pada 10 Oktober saat operasi Peace Spring dalam bentrokan dengan teroris dari Partai Pekerja Kurdistan -Pasukan Bela Diri Kurdi- Suriah (PKK-YPG)," kata Menteri Pertahanan Hulusi Akar dalam sebuah pernyataan yang dilansir Sputnik, Jumat, 11 Oktober 2019.
 
Kementerian Pertahanan Turki melaporkan bahwa jumlah 'teroris PKK-YPG' yang dinetralisir selama operasi militer mencapai 277 orang. Militer Turki mengakui telah menyerang 181 markas atau persembunyian Kurdi dalam serangan ofensif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Serangan ini telah menewaskan sedikitnya 219 milisi PKK-YPG. Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan operasi ini bertujuan untuk menciptakan zona aman di dekat perbatasan Suriah-Turki.
 
Pemerintah Turki ingin membersihkan teroris di wilayah tersebut. Erdogan juga bermaksud memastikan pemulangan yang aman bagi para pengungsi Suriah yang saat ini ditampung di Turki.
 
Wilayah di sisi perbatasan Suriah-Turki saat ini dikendalikan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin milisi Kurdi. Namun, SDF dianggap Ankara berafiliasi dengan PKK.
 
Sedangkan PKK telah dinyatakan sebagai organisasi teroris oleh Turki. Sementara itu, media lokal melaporkan invasi Turki telah menyebabkan belasan warga sipil tewas dan ribuan orang meninggalkan rumahnya.
 
Menurut SDF, serangan Ankara juga menghantam sebuah penjara tempat para militan Islamic State (ISIS) ditahan dan dijaga para pasukan Kurdi.
 

(ADN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif