Robot pemilih biji berkualitas. Foto: Dok/Metro TV
Robot pemilih biji berkualitas. Foto: Dok/Metro TV

Robot Pemilih Biji Berkualitas

MetroTV • 26 Februari 2022 22:49
Jakarta: Robot Crover merupakan sebuah robot yang dirakit memiliki kemampuan untuk memilah biji-bijian pada sebuah silo atau tempat penyimpanan biji-bijian. Dengan kemampuannya, robot ini dapat menyelamatkan jutaan ton limbah makanan setiap tahun serta menyelamatkan nyawa manusia.
 
Bagi direktur pelaksana di Crover Lorenzo Counti, meski Crover bisa menembus hingga kedalaman 10 meter. Pengembangan teknologi robot ini cukup menantang perusahan yang baru ia rintis.
 
"Masalahnya, jika Anda berjalan di atasnya dan kantong udara itu pecah. Maka Anda akan terhisap dan tenggelam. Bahkan jika diselamatkan, tubuh Anda akan patah," kata Direktur Pelaksana, Lorenzo Counti, dalam tayangan Metro Siang, Sabtu, 26 Februari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di seluruh dunia, biji-bijian akan disimpan setelah panen dalam jumlah besar di dalam sebuah silo. Dengan masa penyimpanan berbulan-bulan sebelum akhirnya dijual.
 
Seringkali dalam masa penyimpanan biji-bijian kerap dipenuhi serangga atau jamur. Kondisi tersebut tentu tidak layak untuk dikonsumsi manusia, sehingga petani mengalami kerugian.
 
"Masalah penyimpanan gabah jangka panjang adalah kadar air dan kadar suhu gabah. Jika tidak tepat, serangga akan berkembang biak. Itu kerugian total bagi saya," ujar salah satu petani gandum, Robert Neill.
 
Maka di sinilah robot Clover berperan. Rencananya teknologi yang dibenamkan di Clover adalah kemudahan pemilik Clover untuk mendapatkan informasi dan kendali secara otomatis yang dikirim ke petani langsung melalui smartphone. Versi akhir dari Clover ini  juga akan ditambahkan kabel listrik untuk mempermudah jangkauan petani. (Fauzi Pratama Ramadhan)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif