Patrick Cammaert, jenderal purnawirawan asal Belanda (dua kanan), berada di Hudaidah, Yaman, 24 Desember 2018. (Foto: AFP/STR)
Patrick Cammaert, jenderal purnawirawan asal Belanda (dua kanan), berada di Hudaidah, Yaman, 24 Desember 2018. (Foto: AFP/STR)

Jelang Pertemuan PBB, Pertempuran Meletus di Hudaidah

Internasional konflik yaman pbb
Willy Haryono • 26 Desember 2018 15:58
Hudaidah: Pertempuran sporadis terjadi di kota Hudaidah, Yaman, Rabu 26 Desember 2018, menjelang berlangsungnya pertemuan tim pengawas gencatan senjata pimpinan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Pasukan pemerintah -- didukung koalisi Arab Saudi -- dan pemberontak Houthi terlibat baku tembak di beberapa titik di Hudaidah.
 
Menurut keterangan seorang koresponden kantor berita AFP, suara artileri terdengar di bagian timur Hudaidah. Pertempuran sempat berhenti selama beberapa jam.
 
Gencatan senjata di Hudaidah dan area sekitarnya diberlakukan pada 18 Desember lalu. Namun gencatan senjata ini rapuh, dan kedua kubu saling menyalahkan telah melakukan pelanggaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seorang petinggi dari koalisi Saudi mengatakan pada Selasa kemarin bahwa 10 tentara pro pemerintah Yaman tewas di tengah gencatan senjata Hudaidah. Dia menuduh 183 anggota Houthi melanggar gencatan senjata.
 
Houthi balik menuduh loyalis pemerintah Yaman dan koalisi Saudi telah melanggar perjanjian. Menurut Houthi, pihaknya telah mencatat ada 31 pelanggaran yang dilakukan pasukan pro pemerintah Yaman.
 
Patrick Cammaert, jenderal purnawirawan asal Belanda, tiba di Hudaidah pada Minggu. ia akan memimpin komite gabungan untuk mengawasi jalannya gencatan senjata di kota pelabuhan tersebut.
 
Menurut PBB, Cammaert dijadwalkan memimpin pertemuan komite pada Rabu ini. Komite terdiri dari perwakilan pemerintah Yaman dan juga Houthi.
 
Data Organisasi Kesehatan Dunia mencatat sekitar 10 ribu orang telah tewas di Yaman sejak koalisi Saudi mengintervensi pada 2015. Konflik di Yaman ini disebut PBB sebagai pemicu krisis kemanusiaan terbesar di era modern.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif