Ilustrasi bom waktu. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi bom waktu. (Foto: Medcom.id)

Ledakan Bom Lukai Sejumlah Turis di Mesir

Internasional mesir
Willy Haryono • 20 Mei 2019 08:23
Kairo: Ledakan bom melukai sejumlah turis yang sedang menaiki sebuah bus di dekat piramida Giza di Mesir, Minggu 19 Mei 2019. Ini merupakan pukulan telak terbaru bagi sektor pariwisata Mesir.
 
Bom yang ditaruh di pinggir jalan itu meledak saat sebuah bus wisata melintas. Beberapa warga lokal yang berada di sebuah mobil juga terluka terkena dampak ledakan.
 
Sejumlah sumber medis dan keamanan di Mesir mengatakan 17 orang terluka dalam ledakan, namun kewarganegaraan mereka tidak disebutkan. Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Afrika Selatan mengeluarkan pernyataan resm, bahwa sebuah "ledakan bus" melukai tiga warga mereka yang merupakan bagian dari grup turis berjumlah 28 orang.
 
Ketiga turis tersebut akan tetap dirawat di rumah sakit, sementara sisanya diizinkan pulang pada Senin ini.
 
"Sebuah bom meledak dan menghancurkan kaca jendela dari bus yang membawa 25 orang asal Afrika Selatan dan juga satu mobil berisi empat warga Mesir," tutur seorang sumber keamanan, dilansir dari laman AFP.
 
Rekaman video yang didapat AFP memperlihatkan bus dan mobil mengalami kerusakan akibat ledakan bom tersebut. Masih dari sumber keamanan, banyak korban luka terkena pecahan kaca.
 
Insiden terbaru terjadi usai tiga warga Vietnam dan seorang pemandu wisata lokal tewas terkena ledakan bom. Ledakan mengenai bus mereka di dekat piramida Giza pada Desember lalu.
 
Ledakan terbaru ini juga terjadi sekita satu bulan menjelang turnamen sepak bola African Cup of Nations yang digelar di Mesir.
 
Mesir berjuang melawan pemberontakan, yang intensitasnya meningkat usai tergulingnya Mohammed Morsi dari kursi kepresidenan pada 2013. Pada Februari tahun lalu, pemerintah Mesir melancarkan operasi melawan pemberontak, terutama di daerah Sinai Utara.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif