Puing pesawat Ukraina yang jatuh di Teheran, Iran. Foto: AFP
Puing pesawat Ukraina yang jatuh di Teheran, Iran. Foto: AFP

Iran Tangkap Tersangka Penembak Jatuh Pesawat Ukraina

Internasional kecelakaan pesawat iran as-iran
Fajar Nugraha • 14 Januari 2020 18:20
Teheran: Iran mengumumkan bahwa penangkapan telah dilakukan atas penembakan jet penumpang Ukraina di Teheran minggu lalu. Tidak diketahui berapa banyak dari mereka yang ditangkap.
 
"Investigasi ekstensif telah dilakukan dan beberapa orang telah ditangkap," kata Juru Bicara Pengadilan Gholamhossein Esmaili pada konferensi pers yang disiarkan televisi nasional Iran, seperti dikutip AFP, Selasa, 14 Januari 2020.
 
Penangkapan tersebut adalah yang pertama kali diumumkan sejak pesawat Ukraina International Airlines dijatuhkan oleh rudal tak lama setelah lepas landas dari Teheran pada 8 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah awalnya menyangkal klaim Barat bahwa itu ditembak jatuh, Iran datang bersih pada Sabtu dan mengakui pesawat itu telah jatuh oleh rudal.
 
Komandan Udara Garda Revolusi Iran Brigadir Jenderal Amirali Hajizadeh menerima tanggung jawab penuh. Tetapi Hajizadeh mengatakan, operator rudal yang melepaskan tembakan telah bertindak secara independen.
 
"Banyak penyelidikan telah dilakukan di daerah ini dan setiap malam tim pengadilan kami telah mencari dokumen sampai tengah malam," ujar Esmaili.
 
"Saran telah dibuat sejauh ini tetapi kami harus mempertimbangkan semua dimensi untuk sampai pada kebenaran," tambah juru bicara pengadilan.
 
Pernyataannya datang tak lama setelah Presiden Hassan Rouhani mengatakan semua orang yang bertanggung jawab atas tragedi itu harus dihukum atas insiden yang memicu protes kemarahan di kota-kota Iran.
 
Bencana udara merenggut nyawa semua 176 penumpang dan awak di atas pesawat. Kebanyakan dari mereka adalah warga Iran dan Kanada.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif