NEWSTICKER
Pemandangan dini hari di salah satu sudut di Jalur Gaza, Minggu 16 Februari 2020. (Foto: AFP/MAHMUD HAMS)
Pemandangan dini hari di salah satu sudut di Jalur Gaza, Minggu 16 Februari 2020. (Foto: AFP/MAHMUD HAMS)

Balas Serangan dari Gaza, Israel Gempur Posisi Hamas

Internasional palestina israel
Arpan Rahman • 16 Februari 2020 15:08
Tel Aviv: Angkatan Udara Israel menyerang posisi kelompok Hamas di Jalur Gaza pada Sabtu 15 Februari. Militer Israel mengklaim serangan tersebut merupakan balasan atas peluncuran roket dari arah Gaza.
 
Aksi saling serang antar kedua pihak meningkat sejak Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan rencana perdamaian Palestina-Israel bulan lalu. Palestina mengecam keras rencana tersebut, karena dinilai terlalu menguntungkan Israel.
 
"Pesawat jet dan helikopter telah menyerang posisi Hamas di Jalur Gaza, termasuk sebuah pos militer," ungkap pernyataan militer Israel, dikutip dari Arab News, Minggu 16 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain menyerang posisi Hamas, Israel juga mengumumkan pembatalan sejumlah kebijakan peringanan terkait blokade Jalur Gaza.
 
"Perluasan zona menangkap ikan, restorasi 500 izin dagang dan pengiriman semen, telah dibatalkan karena adanya serangan roket," ucap COGAT, salah satu unit di Kementerian Pertahanan Israel.
 
Hamas dan Israel telah menjalani tiga perang sejak 2008. Namun dalam setahun terakhir, Hamas mulai membantuk semacam perjanjian gencatan senjata informal dengan Israel. Di bawah kesepakatan tak resmi ini, Israel meringankan beberapa aturan seputar blokade Jalur Gaza.
 
Selama ini Israel memblokade Jalur Gaza dengan alasan untuk mencegah pergerakan Hamas, yang telah menguasai area tersebut sejak 2007. Sejumlah negara Barat telah menetapkan Hamas sebagai organisasi teroris.
 
Sejumlah kritikus menilai blokade Jalur Gaza tidak hanya menghukum Hamas, namun semua warga yang tinggal di sana. Blokade juga dikhawatirkan dapat memupuk benih-benih ekstremisme.
 
Sejak Trump mengumumkan perjanjian damai Palestina-Israel, serangan roket, mortir, dan juga balon peledak, diluncurkan hampir setiap hari dari Gaza ke arah Israel.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif