Kapal tanker yang terbakar di Teluk Oman dan dikabarkan diserang torpedo. (Foto: AFP).
Kapal tanker yang terbakar di Teluk Oman dan dikabarkan diserang torpedo. (Foto: AFP).

Saling Klaim Evakuasi Dua Kapal Tanker di Teluk Oman

Internasional kapal tanker iran
Fajar Nugraha • 13 Juni 2019 18:33
Teheran: Awak kapal dari dua kapal tanker minyak yang terbakar di lepas pantai Iran, berhasil dievakuasi. Namun laporan justru menyebutkan bahwa kapal tanker itu diserang torpedo.
 
Baca juga: 44 Awak Kapal Tanker Diselamatkan Iran dalam Kecelakaan.
 
Insiden misterius, yang melibatkan pengiriman kedua di jalur laut strategis, terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat (AS). Negeri Paman Sam sebelumnya mengarahkan jari ke Iran atas serangan tanker pada Mei lalu di Teluk Oman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengenai kejadian terbaru ini Iran mengatakan, angkatan lautnya telah menyelamatkan 44 awaknya setelah kedua kapal itu terbakar dalam kecelakaan di lepas pantai.
 
Tetapi Armada Kelima AS mengatakan kapal perangnya telah menerima panggilan darurat dari kedua kapal dalam 'laporan serangan'.
 
Otoritas Maritim Norwegia mengatakan tiga ledakan dilaporkan di atas kapal tanker milik Norwegia Front Altair setelah "diserang" bersama dengan kapal pengangkut barang milik Singapura, Kokuka Courageous.
 
Media pemerintah Iran mengatakan insiden pertama terjadi di atas kapal Altair depan pada pukul 8:50 pagi (waktu setempat) 25 mil laut dari Bandar-e-Jask di Iran selatan.
 
“Kapal tanker berbendera Kepulauan Marshall membawa muatan etanol dari Qatar ke Taiwan,” lapor kantor berita Iran, IRNA, seperti dikutip AFP, Kamis, 13 Juni 2019.
 
"Ketika kapal itu terbakar, 23 kru melompat ke dalam air dan diselamatkan oleh kapal yang lewat dan diserahkan ke unit penyelamat Iran," sebut laporan IRNA.
 
Baca juga: Dua Kapal Tanker Diserang Torpedo di Teluk Oman.
 
"Satu jam setelah kecelakaan pertama, kapal kedua terbakar pada pukul 9:50 pagi (waktu setempat), 28 mil laut dari pelabuhan,” imbuhnya.
 
Kokuka Courageous yang berbendera Panama pergi ke Singapura dari Arab Saudi dengan muatan metanol, dan 21 awaknya melompat dan diselamatkan, menurut IRNA.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif