Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

44 Awak Kapal Tanker Diselamatkan Iran dalam Kecelakaan

Internasional arab saudi iran
Fajar Nugraha • 13 Juni 2019 15:47
Teheran: Angkatan Laut Iran menyelamatkan awak kapal dari dua kapal tanker, setelah kecelakaan yang dialami di Laut Oman. 44 orang berhasil diselamatkan pada Kamis, 13 Juni 2019.
 
Baca juga: Dua Kapal Tanker Minyak Arab Saudi Diserang.
 
“44 pelaut dari dua kapal tanker minyak asing yang terlibat kecelakaan berhasil diselamatkan oleh tim penyelamat Angkatan Laut Iran,” laporan kantor berita IRNA, yang dikutip AFP, Kamis, 13 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Tim penyelamat itu berangkat dari Provinsi Hormozgan dan kemudian mengevakuasi korban selamat ke Pelabuhan Bandar-e-Jask,” imbuh IRNA.
 
Tidak diketahui secara pasti apa penyebab kecelakaan itu. Sementara pihak Iran tidak memberikan detail lebih jelas mengenai kecelakaan ini.
 
Tuduhan ke Iran
 
Keterlibatan Iran kepada kapal tanker yang melintas Teluk Oman bukan mengenai isu ini saja. Sebelumnya pada Mei lalu, empat kapal tanker diserang di luar perairan Uni Emirat Arab.
 
Baca juga: Diserang, Dua Kapal Tanker Arab Saudi Alami Kerusakan.
 
Dua dari kapal yang diserang diketahui milik perusahaan minyak Arab Saudi. Kapal tanker itu membawa minyak yang dimiliki oleh Aramco untuk dibawa ke Amerika Serikat (AS).
 
Menteri Energi Arab Saudi Khalid al-Falih mengatakan, satu dari dua kapal dalam perjalanan untuk diisi dengan minyak mentah Arab Saudi dari Pelabuhan Ras Tanura.
 
Serangan itu tidak menyebabkan korban atau tumpahan minyak. Khalid mengatakan terlihat kerusakan signifikan pada struktur kedua kapal.
 
Administrasi Maritim AS mengeluarkan sebuah peringatan peringatan kapal-kapal pengiriman komersial bahwa Iran atau kaki tangannya dapat menargetkan kapal-kapal komersial dan infrastruktur produksi minyak. Kementerian UEA mengatakan pihak berwenang bekerja dengan badan-badan lokal dan internasional untuk menyelidiki insiden itu, yang digambarkan sebagai "perkembangan berbahaya."
 
Baca juga: Iran Desak Penyelidikan atas Dua Kapal Tanker Arab Saudi.
 
Iran sendiri membantah tuduhan yang diarahkan kepada mereka. Negeri Mullah menilai tuduhan tersebut merupakan upaya Arab Saudi untuk memicu perpecahan di Timur Tengah.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif