NEWSTICKER
Foto udara memperlihatkan kondisi kota Kafranbel di provinsi Idlib, Suriah, 15 Februari 2020. (Foto: AFP/OMAR HAJ KADOUR)
Foto udara memperlihatkan kondisi kota Kafranbel di provinsi Idlib, Suriah, 15 Februari 2020. (Foto: AFP/OMAR HAJ KADOUR)

Serangan Suriah di Idlib Tewaskan 20 Warga

Internasional krisis suriah
Willy Haryono • 26 Februari 2020 09:56
Idlib: Sedikitnya 20 warga sipil tewas dalam serangan pasukan Suriah di Idlib, benteng pertahanan terakhir kelompok pemberontak di negara tersebut, Selasa 25 Februari 2020. Grup pemantau Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) mencatat ada sedikitnya sembilan anak-anak yang tewas dalam serangan tersebut.
 
Dilansir dari AFP, Kepala SOHR Rami Abdel Rahman mengatakan, serangan udara di kota Idlib menewaskan seorang anak dan tiga guru serta dua orang lainnya. Idlib merupakan kota utama di provinsi dengan nama yang sama.
 
Sementara dalam serangan di kota Maarat Misrin, SOHR mencatat ada enam anak dari deretan 10 korban tewas. Kota tersebut berjalan di dekat perbatasan Turki.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Empat orang lainnya, termasuk seorang ibu dan dua anak-anaknya, disebut SOHR tewas dalam serangan udara Suriah di Binnish. Usai berlangsungnya serangan udara, pasukan Suriah kemudian merebut kembali 19 kota dan desa.
 
Salah satu yang direbut adalah Kafranbel, sebuah kota simbolis dalam pemberontakan berkepanjangan di Suriah. Warga Kafranbel merupakan salah satu yang memberontak terhadap Pemerintah Suriah pada 2011.
 
Idlib dihuni sekitar tiga juta orang. Kelompok relawan Save the Children menyerukan kepada semua kubu bertikai di Suriah untuk tidak menyerang sekolah.
 
"Sekolah harus menjadi tempat aman bagi anak-anak, bahkan di zona konflik," tutur Kepala Save the Children, Sonia Khush.
 
"Serangan hari ini merupakan pertanda bahwa pertemuan di Suriah barat laut telah mencapai level berbahaya bagi anak-anak dan warga sipil. Sudah tidak ada lagi tempat aman, bahkan sekolah pun berbahaya," lanjutnya.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif