Laba-Laba Tertua di Dunia Mati Diserang Tawon
Number 16 mampu hidup lama karena hanya membutuhkan sedikit energi untuk mendapatkan makan. (Foto: Curtin University)
Perth: Laba-laba tertua di dunia, dari jenis trapdoor hunter, mati di usia 43 tahun usai diserang seekor tawon parasit. Kabar disampaikan tim ilmuwan Australia dari Universitas Curtin. 

Disebut ilmuwan sebagai Number 16, laba-laba ini hidup 15 tahun lebih lama dari rekor Guinness sebelumnya yang dipegang laba-laba jenis tarantula di Meksiko. Number 16 mampu hidup lama karena menghabiskan sepanjang hidupnya hanya di sebuah lubang. 

Studi mengenai laba-laba jenis trapdoor telah berhasil melacak awal kehidupan Number 16 pada 1974. Kematiannya pada Oktober lalu baru dilaporkan dalam jurnal Pacific Conservation Biology bulan ini. 


"Kehidupan Number 16 dapat memberikan pelajaran bagi manusia mengenai bagaimana cara hidup secara berkesinambungan," ujar tim ilmuwan Universitas Curtin, seperti dikutip Independent, Sabtu 28 April 2018. 

Number 16 adalah jenis trapdoor yang menggunakan taktik menyergap dalam mendapatkan mangsa. Laba-laba ini keluar dari lubangnya secara tiba-tiba untuk menangkap mangsa yang kebetulan melintas. 

Strategi penyergapan yang hanya membutuhkan sedikit energi ini mampu membuat laba-laba jenis trapdoor mampu bertahan di lingkungan kering. Trapdoor betina dapat hidup lama karena hanya diam di lubang, sementara pejantan keluar kandang untuk mencari pasangan. 

"Menurut pengetahuan kami, ini adalah laba-laba tertua yang pernah tercatat di dunia sains. Kehidupan panjangnya memungkinkan kami menginvestigasi lebih lanjut mengenai perilaku laba-laba trapdoor dan dinamika populasinya," ucap pemimpin studi, Leando Mason dari Universitas Curtin. 

Studi awal dilakukan Barbara York Main, yang kini telah berusia 88 tahun. Dia adalah orang pertama yang mengidentifikasi dan mencatat segala sesuatu mengenai Number 16 yang kala itu baru saja lahir.

"Melalui riset mendetail Barbara, kami dapat menentukan usia laba-laba trapdoor," sebut Mason. 

Mason dan timnya mengaku "sedih" setelah mengetahui Number 16 sudah mati. Padahal, mereka semua berharap Number 16 dapat hidup hingga usia 50.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id