Tim arkeolog berfoto di dalam makam milik salah satu petinggi dari era Dinasti Kelima Mesir. (Foto: AFP)
Tim arkeolog berfoto di dalam makam milik salah satu petinggi dari era Dinasti Kelima Mesir. (Foto: AFP)

Mesir Temukan Makam Penuh Warna Era Dinasti Kelima

Internasional situs bersejarah mesir
Arpan Rahman • 16 April 2019 11:31
Kairo: Pemerintah Mesir menemukan sebuah makam dari Dinas Kelima. Saat ditemukan, makam dengan dinding penuh warna tersebut berada dalam kondisi terjaga dengan baik.
 
Terletak di selatan Saqqara, makam tersebut diketahui merupakan milik seorang pejabat senior bernama Khuwy. Ia diyakini sebagai salah satu bangsawan di era Dinas Kelima, yang berkuasa di Mesir sekitar 4.300 tahun silam.
 
"Makam berbentuk huruf L ini meiliki koridor kecil menuju ruang depan, dan dari sana ada jalan menuju ruangan utama dengan lukisan yang memperlihatkan sosok sang pemilik," kata Mohamed Megahed, kepala tim ekskavasi makam, dalam keterangan yang disampaikan Kementerian Benda Antik Mesir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari laman France 24, Senin 15 April 2019, Menteri Benda Antik Mesir Khaled al-Enani mengatakan makam tersebut ditemukan pada akhir Maret lalu. Ia menyebut sebagian besar interior makam dibuat dari batu kapur.
 
Berbagai lukisan dan inskripi penuh warna memenuhi makam milik Khuwy. Dinding utara di makam tersebut mengindikasikan bahwa desainnya terinspirasi dari cetak biru piramida agung Dinasti Kelima.
 
Sejauh ini, tim ekskavasi dari Kementerian Benda Antik Mesir telah mengekskavasi beberapa makam serupa yang berasal dari Dinasti Kelima.
 
Sebelumnya, sejumlah pakar arkeolog telah menemukan sebuah inskripsi di sebuah kolum bebatuan granit yang didedikasikan untuk Ratu Setibhor, yang diyakini merupakan istri dari Raja Djedkare Isesis, raja kedelapan dari Dinasti Kelima Mesir.
 
Dalam beberapa tahun terakhir, Mesir berusaha keras mendorong penemuan arkeologi di seantero negeri untuk menghidupkan kembali pariwisata negara. Sektor pariwisata yang merupakan salah satu andalan Mesir sempat terpuruk sejak terjadinya pemberontakan pada 2011.
 
Awal Februari lalu, Mesir menemukan 50 mumi era Ptolemaic (305-30 Sebelum Masehi). Kelima puluh mumi, 12 di antaranya ukuran anak-anak, ditemukan di empat situs pemakaman sedalam sembilan meter di Tuna El-Gebel, Minya, di wilayah selatan dari Kairo.
 
Beberapa dari mumi terbungkus kain, sebagian lainnya di peti batu dan kayu.
 
Baca:50 Mumi 'Keluarga Elite' Ditemukan di Mesir
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif