Hujan Deras Persulit Penyelamatan 13 Orang dari Gua Thailand
Polisi dan prajurit Thailand melanjutkan operasi penyelamatan 12 anak-anak dan pelatih sepakbola dari gua Tham Luang di Chiang Rai, 4 Juli 2018. (Foto: AFP/YE AUNG THU)
Tham Luang: Hujan deras yang diperkirakan masih akan terus turun di Thailand utara sepanjang pekan ini mempersulit upaya penyelamatan 12 anak laki-laki dan pelatih sepak bola mereka, yang sudah lebih dari sepekan terjebak di gua terendam air di Chiang Rai.

Area terendam air tidak dapat dikeringkan dalam waktu dekat, terlebih karena saat ini curah hujan di Thailand masih relatif tinggi.

Menteri Dalam Negeri Anupong Paojinda mempertimbangkan opsi menyelam demi menghindari cuaca buruk yang diperkirakan melanda Thailand utara pekan ini. Namun opsi menyelam berisiko tinggi.


"Menyelam itu tidak mudah. Bagi orang yang belum pernah melakukannya, akan sangat sulit. Ini tidak seperti menyelam di kolam renang, karena sistem gua memiliki terowongan-terowongan kecil," kata Paojinda. 

"Jika sesuatu terjadi di tengah jalan, hal itu bisa mengancam jiwa," sambung dia, seperti dilansir kantor berita Associated Press, Rabu 4 Juli 2018.

Baca: 12 Anak di Gua Thailand akan Dilatih Menyelam

Video yang dirilis Angkatan Laut Thailand menunjukkan 12 anak laki-laki dalam seragam sepak bola dan pelatih mereka sedang duduk di dataran kering di dalam goa Tham Luang Nang Non. Mereka semua ditemukan tim penyelam asal Inggris pada Senin 2 Juli.

Sejumlah ahli menilai opsi paling aman saat ini adalah memasok makanan ketimbang meminta mereka semua untuk menyelam. Opsi aman ini bisa memakan waktu berbulan-bulan, karena musim hujan di Thailand biasanya berlangsung hingga Oktober.

Komandan SEAL, Laksamana Muda Arpakorn Yookongkaew mengatakan tidak perlu terburu-buru untuk membawa mereka keluar. Tim dokter dan perawat sudah bersama mereka di dalam gua.

"Kami telah memberi anak-anak makanan, mulai dari yang mudah dicerna dan berkalori tinggi dengan cukup banyak mineral," kata Arpakorn dalam konferensi pers.

 



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id