Menlu RI-Vietnam Rundingkan ZEE Dua Negara
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Vietnam Pham Binh Minh. (Foto: Dok Kemlu RI)
Hanoi: Berkunjung ke Vietnam, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Vietnam Pham Binh Minh. Finalisasi Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dua negara menjadi salah satu pembahasan.

"Tadi kami berbicara mengenai finalisasi ZEE kedua negara. Finalisasi ZEE sangat penting karena membawa manfaat dan kepastian bagi dua negara," kata Menlu Retno dalam video yang diterima Medcom.id, Selasa 17 April 2018.

Selain itu, Menlu Retno dan Minh juga membicarakan sejumlah peluang baru untuk bekerja sama di bidang maritim.


"Kami sama-sama menekankan kerja sama di bidang kelautan dan perikanan dan sepakat untuk memberantas IUU Fishing dan mendorong tata kelola perikanan berkelanjutan," lanjutnya. 

Sebelumnya, terkait dengan batas wilayah laut ini sudah dibahas Presiden Joko Widodo saat menghadiri KTT ASEAN-India di New Delhi pada Januari tahun ini.

Saat bertemu dengan Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Xuan Phuc, Jokowi menekankan pentingnya mempercepat penyelesaian negosiasi delimitasi ZEE.

Perundingan mengenai ZEE juga dapat disertai dengan kerja sama di bidang penanganan terorisme dan maritim yang lebih luas.

Progres terkait ZEE ini sudah dibahas lebih dari 10 kali. Indonesia dan Vietnam juga berkomitmen untuk secepatnya menyelesaikan perundingan batas wilayah tersebut. 



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id