Menlu Retno Bantah Pemerintah Beri Visa Turis ke Israel
Menlu Retno Marsudi bantah keras pemerintah beri visa turis untuk warga Israel (Foto: Marcheilla Ariesta).
Jakarta: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi membantah keras soal kabar bahwa Indonesia memberikan visa pariwisata ke untuk warga Israel yang ingin berlibur ke Indonesia.
 
(Baca: Waspada Berita Hoaks Indonesia Berikan Visa kepada Warga Israel).
 
"Itu tidak benar," tegas Menlu Retno ketika ditemui di kantornya di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Jumat 4 Mei 2018.
 
Pemberian visa kepada warga negara asing yang negaranya tidak memiliki hubungan diplomatik ini kabarnya diberikan lewat mekanisme Calling Visa dari Kementerian Luar Negeri. Sementara, Indonesia sendiri tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.
 
Media Israel Haaretz memberitakan bahwa Indonesia kini dipastikan telah memberikan visa pariwisata kepada warga Israel untuk berlibur ke Indonesia.
 
"Indonesia, negara yang mempunyai penduduk Muslim terbesar di dunia akhirnya memberikan visa turis kepada warga Israel. Hal ini sudah dipastikan oleh Kementerian Imigrasi," tulis Haaretz.
 
Padahal, Indonesia sendiri tidak memiliki Kementerian Imigrasi. Sementara itu, Kepala Bagian Human dan Umum Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI Agung Sampurno telah menegaskan bahwa berita tersebut tidak benar.
 
"Pemerintah Indonesia tidak memiliki kebijakan pemberian visa wisata kepada warga negara Israel," ucapnya dalam keterangan tertulis Ditjen Imigrasi, yang diterima Medcom.id, Jumat 4 Mei 2018.
 
Dia berharap masyarakat Indonesia memahami mekanisme yang ada pemerintah. Dia juga meminta agar warga tidak terpancing dengan pemberitaan tersebut.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id