Waspada Berita Hoaks Indonesia Berikan Visa kepada Warga Israel
Pemerintah Indonesia tidak pernah mengeluarkan visa untuk warga Israel (Foto: Antara).
Jakarta: Pemerintah Indonesia dituding memberikan visa pariwisata bagi warga Israel yang ingin berlibur ke Indonesia. Hal tersebut muncul dalam pemberitaan di situs yang tak bisa terkonfirmasi.
 
Situs www.israelindonesia.agency itu menyebutkan adanya kesempatan untuk meraih visa wisata bagi warga Israel ke Indonesia. Kabar mengenai visa ini juga muncul di pemberitaan media Israel, Haaretz.
 
Hal ini dibantah oleh Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Agung Sampurno. Menurut dia, tidak ada visa turis untuk Israel.
 
"Pemerintah Indonesia tidak memiliki kebijakan pemberian visa wisata kepada warga negara Israel," ucapnya dalam keterangan tertulis Ditjen Imigrasi, yang diterima Medcom.id, Jumat 4 Mei 2018.
 
Menurut Agung, pemberian visa kepada warga negara asing tidak memiliki hubungan diplomatik diberikan lewat mekanisme Calling Visa dari Kementerian Luar Negeri. Sementara, Indonesia sendiri tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.
 
Agung berharap masyarakat Indonesia memahami mekanisme yang ada pemerintah. Dia juga meminta agar warga tidak terpancing dengan pemberitaan tersebut.
 
Bantahan dari Agung Sampurno juga sekaligus mengklarifikasi pertanyaan dari anggota Komisi I DPR RI, Sukamta.
 
"Perlu ada klarifikasi atas pemberitaan tersebut oleh Kemenlu RI, mengingat Indonesia selama tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Isu ini jika dibiarkan tentu bisa kontra produktif dengan upaya diplomatik Indonesia mendukung Kemerdekaan Palestina," ucap Sukamta.
 
Politisi PKS ini lebih lanjut meminta Pemerintah RI konsisten dengan kebijakan untuk tidak memberikan visa pariwisata bagi warga Israel sebagaimana pernah disampaikan oleh Sekretaris Kabinet, Pramono Anung pada tahun 2015.
 
Pihak Ditjen Imigrasi juga membantah pernyataan dari situs www.israelindonesia.agency, dibentuk untuk membantu lembaga yang mereka sebut Kementerian Imigrasi Indonesia. Ditjen Imigrasi pun menegaskan tidak lembanga Kementerian Imigrasi Indonesia.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id