Menlu Retno Marsudi (kanan) berjabat tangan dengan Menlu Maroko Nasser Bourita di Kemenlu RI, Jakarta, Senin 28 Oktober 2019. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)
Menlu Retno Marsudi (kanan) berjabat tangan dengan Menlu Maroko Nasser Bourita di Kemenlu RI, Jakarta, Senin 28 Oktober 2019. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)

Pencegahan Terorisme Fokus Kerja Sama Indonesia-Maroko

Internasional terorisme indonesia-maroko
Marcheilla Ariesta • 28 Oktober 2019 14:31
Jakarta: Sebanyak empat nota kesepahaman (MoU) ditandatangani dalam pertemuan antara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menlu Maroko, Nasser Bourita. Selain isu ekonomi, pencegahan terorisme menjadi fokus utama dalam pertemuan ini.
 
"Kita membahas mengenai tantangan radikalisme dan terorisme global," kata Menlu Retno di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin, 28 Oktober 2019.
 
"Saya menyambut baik bahwa dalam pertemuan kali ini, Indonesia dan Maroko dapat menandatangani MoU mengenai pertukaran informasi intelijen keuangan, terkait pencucian uang, dan pendanaan terorisme," imbuh dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Retno menambahkan, penandantangan empat MoU ini merupakan upaya Indonesia dan Maroko dalam mempromosikan wajah Islam yang moderat.
 
Sementara itu, Menlu Bourita menuturkan bahwa penandatanganan MoU sangat penting dalam usaha memerangi radikalisme dan juga terorisme. "MoU yang sudah kita tandatangani hari ini akan menjadi awal yang sangat baik bagi kerja sama yang intensif," pungkasnya.
 
Penandatanganan MoU dilakukan antara Menlu Bourita dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Suhardi Alius.
 
Selain mengenai penanggulangan dan pencegahan radikalisme serta pendanaan terorisme, ditandatangani juga MoU kerja sama di bidang industri serta kelautan dan perikanan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif