Pangeran William bertemu dengan Imam Masjid Al-Noor Gamel Fouda, di Christchurch, Selandia Baru. (Foto: AFP).
Pangeran William bertemu dengan Imam Masjid Al-Noor Gamel Fouda, di Christchurch, Selandia Baru. (Foto: AFP).

Pangeran William: Ekstremisme Harus Dikalahkan

Internasional pangeran william Penembakan Selandia Baru
Fajar Nugraha • 26 April 2019 10:52
Christchurch: Pangeran William bertemu dengan korban selamat dari serangan teroris di masjid Christchurch, Selandia Baru. Duke of Cambridge menegaskan bahwa ekstremisme harus dikalahkan.
 
Baca juga: Pangeran William Akan Temui Korban Penembakan Christchurch.
 
Sekitar 160 orang berkumpul di Masjid Al Noor di Christchurch untuk bertemu dengan pangeran yang sebelumnya memberi tahu responden pertama tentang pembantaian 15 Maret itu. William mengatakan bahwa ketika ‘seorang teman baik’ sedang membutuhkan "Anda melakukan perjalanan ke tempat mereka dan Anda merangkul mereka. "

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Enam minggu dari peristiwa yang dilakukan oleh pelaku yang diketahui sebagai pendukung supremasi kulit putih, Pangeran William mengatakan dirinya berdiri bersama warga Selandia Baru, penduduk Christchurch dan komunitas Muslim. 50 orang tewas dalam kejadian ini dan tentunya menyebabkan trauma bagi warga setempat.
 
"Tindakan kekerasan dirancang untuk mengubah Selandia Baru, tetapi sebaliknya, kesedihan suatu negara mengungkapkan betapa dalamnya empati, kasih sayang, kehangatan dan cinta Anda," kata sang pangeran setelah tiba di masjid dari pertemuan dengan staf rumah sakit yang merawat mereka yang terluka.
 
"Pada saat rasa sakit yang akut, Anda berdiri, dan Anda berdiri bersama. Sebagai reaksi terhadap tragedi, Anda menunjukkan sesuatu yang luar biasa,” tutur pewaris Takhta Kerajaan Inggris itu, seperti dikutip AFP, Jumat, 26 April 2019.
 
"Saya mendukung Anda dengan memberikan rasa hormat dan terima kasih atas apa yang telah Anda ajarkan kepada dunia dalam beberapa minggu terakhir ini. Saya mendukung Anda dengan optimisme. Saya mendukung Anda dalam kesedihan. Saya akan mendukung mereka yang selamat,” ucapnya.
 
"Semoga kekuatan cinta selalu menang atas kekuatan kebencian. Ekstremisme dalam segala bentuk harus dikalahkan,” tegas Pangeran William.
 
Pangeran William: Ekstremisme Harus Dikalahkan
Pangeran William bertemu dengan korban selama serangan masjid di Christchurch. (Foto: AFP).
 
Ketika polisi bersenjata berjaga-jaga di luar masjid dan sebuah helikopter polisi berputar-putar di atas kepala, Pangeran William disambut ke masjid oleh Imam Gamel Fouda, Perdana Menteri Jacinda Ardern dan penyintas yang selamat Fahid Ahmed yang istrinya termasuk di antara mereka yang terbunuh.
 
Ahmed, yang menjadi wajah komunitas Muslim ketika dia mengatakan dia mencintai dan memaafkan pria bersenjata itu, mengatakan kepada sang pangeran: "Kita harus menjaga harapan dan tidak menyerah pada kebencian".
 
Ketika William tiba di negara itu pada Kamis, ia melakukan kunjungan mendadak ke Rumah Sakit Anak Starship di Auckland di mana ia bertemu dengan Alen Alsati yang berusia lima tahun dan ayahnya, Wasseim, yang keduanya terluka dalam serangan 15 Maret.
 
Dalam sebuah video menyentuh yang dirilis oleh Kensington Palace, Alen, yang baru bangun dari koma awal pekan ini, bertanya kepada William: "Apakah Anda punya anak perempuan ?,"
 
"Apakah aku punya anak perempuan? Ya, dia dipanggil Charlotte…dia seusia denganmu," jawab William.
 
Dia terbang ke Christchurch di kemudian hari untuk bertemu dengan polisi dan petugas medis yang pertama kali datang ke lokasi pembantaian, mengatakan kepada mereka bahwa mereka melakukan "pekerjaan luar biasa pada hari yang sangat buruk."
 
William - yang juga mengunjungi Christchurch hanya beberapa minggu setelah gempa bumi Februari 2011 yang menghancurkan yang menewaskan 185 orang - akan mengakhiri kunjungan singkatnya Jumat malam ketika dia meletakkan karangan bunga di lokasi peringatan gempa.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif