Presiden Filipina Rodrigo Duterte dalam pertemuan partai PDP-Laban di Manila, 11 Mei 2019. (Foto: AFP/NOEL CELIS)
Presiden Filipina Rodrigo Duterte dalam pertemuan partai PDP-Laban di Manila, 11 Mei 2019. (Foto: AFP/NOEL CELIS)

Pemilu Sela Filipina, Posisi Duterte Diyakini Menguat

Internasional filipina
Willy Haryono • 13 Mei 2019 06:57
Manila: Warga Filipina menggunakan hak pilih mereka dalam pemilihan umum sela hari ini, Senin 13 Mei 2019, yang diyakini akan semakin memperkuat kekuasaan Presiden Rodrigo Duterte.
 
Dilansir dari laman AFP, lebih dari 61 juta warga Filipina merupakan pemilih terdaftar. Pemilu sela ini menghadirkan 43 ribu kandidat yang akan bersaing memperebutkan sekitar 18 ribu jabatan di pemerintahan pusat maupun daerah.
 
Jika para sekutu Duterte berjaya dalam pemilu ini, maka sang presiden dapat dengan mudah menepati beberapa janjinya, yakni mengembalikan hukuman mati serta menuliskan ulang konstitusi negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut sejumlah jajak pendapat independen di Filipina, partai PDP-Laban milik Duterte dan koalisinya diproyeksikan meraih mayoritas kursi Senat.
 
Kubu oposisi khawatir jika Senat dipenuhi sekutu Duterte, maka konstitusi negara terancam diubah. Salah satu poin yang dikhawatirkan adalah pencabutan pembatasan masa jabatan seorang presiden.
 
Sesuai konstitusi Filipina, seorang presiden hanya bisa menjabat satu periode. Duterte sebelumnya pernah berjanji akan mundur di akhir mandatnya sebagai presiden.
 
Namun oposisi dan sejumlah pengamat khawatir Duterte tidak akan menepati janjinya tersebut. Duterte juga dikhawatirkan akan mengembalikan hukuman mati untuk memperkuat metode kontroversial pemberantasan kejahatan narkotika di Filipina.
 
Filipina telah melarang hukuman mati pada 1987. Larangan itu sempat dicabut enam tahun setelahnya, lalu dihapus lagi pada 2006.
 
'Perang' melawan narkotika ala Duterte dikecam sejumlah pihak karena dinilai melanggar hak asasi manusia. Metode semacam itu juga dinilai sebagai perbuatan di luar koridor hukum.
 
Baca:Perang Narkoba: Filipina Dapat Peranti Canggih dari Inggris
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif