Ilustrasi kapal nelayan. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi kapal nelayan. (Foto: Medcom.id)

Tiga Nelayan RI Diculik di Perairan Sabah Malaysia

Internasional nelayan penculikan indonesia-malaysia
Willy Haryono • 24 September 2019 11:41
Kota Kinabalu: Tiga nelayan Indonesia telah diculik dari sebuah kapal penangkap ikan Malaysia di lepas pantai Lahad Datu, Sabah, yang berada dekat perbatasan Filipina selatan, Senin 23 September 2019.
 
Dilaporkan The Star Online, tujuh pria bersenjata menaiki dua kapal penangkap ikan di Lahad Datu pada Senin siang. Mereka kemudian melepaskan tembakan peringatan dan memerintahkan tiga nelayan untuk berpindah kapal.
 
Sementara seluruh kru di kapal penangkap ikan kedua tidak diculik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para penculik dan tiga sandera mereka diyakini bertolak menuju Kepulauan Tawi Tawi di Filipina selatan yang berdekatan dengan perairan Sabah.
 
Kepala Menteri Sabah Datuk Seri Shafie Apdal mengaku telah mendapat informasi mengenai penculikan ini. Ia menyebut insiden terjadi di Tambisan, tempat terjadinya sejumlah penculikan serupa.
 
Shafie menilai area tersebut terlihat tidak dimonitor baik oleh otoritas setempat. "Kami perlu mengambil sejumlah langkah (penanggulangan dan pencegahan," ungkap dia.
 
Komandan dari Komando Keamanan Sabah Timur Hazani Ghazali juga mengonfirmasi terjadinya penculikan. "Kami belum mendapat detail lengkap seperti nama dan usia mereka. Tapi ketiganya diyakini berasal dari Indonesia," kata Ghazali kepada Free Malaysia Today.
 
"Kami telah menghubungi pasukan keamanan di Filipina dan berkoordinasi dengan mereka untuk menentukan lokasi pasti ketiga nelayan," lanjutnya.
 
Pada 3 September, Kepolisian Sabah menembak mati dua terduga penculik setelah terjadi bentrokan singkat di perairan Lahad Datu.
 
Polisi menemukan sejumlah barang, termasuk peluru tajam dan senapan Garand dari kapal terduga penculik. Namun keduanya belum dapat diidentifikasi karena tidak adanya dokumen identitas di kapal tersebut.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif