Wakil Presiden Jusuf Kalla akan memberikan keynote speech di pembukaan High Level Discussion on Indo Pacific Cooperation di Jakarta, Rabu 20 Maret 2019. (Foto: Antara/RAISAN AL FARISI)
Wakil Presiden Jusuf Kalla akan memberikan keynote speech di pembukaan High Level Discussion on Indo Pacific Cooperation di Jakarta, Rabu 20 Maret 2019. (Foto: Antara/RAISAN AL FARISI)

Hari Ini 18 Negara Diskusikan Konsep Indo Pasifik

Internasional indo-pasifik Indo Pasifik
Sonya Michaella • 20 Maret 2019 08:34
Jakarta: Kementerian Luar Negeri RI menggelar High Level Discussion on Indo Pacific Cooperation, hari ini. Wakil Presiden RI Jusuf Kalla akan memberikan keynote speech sekitar pukul 09.25 WIB.
 
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dijadwalkan akan membuka dan menutup forum ini. Namun, untuk pertemuannya sendiri akan digelar tertutup untuk media.
 
Sebanyak 18 negara dijadwalkan hadir, yaitu Amerika Serikat, Australia, India, Jepang, Tiongkok, Korea Selatan, Rusia, Selandia Baru dan 10 anggota ASEAN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Desra Percaya mengatakan, tujuan dari digelarnya forum ini adalah untuk meningkatkan kerja sama dan trust building di kawasan Samudera Pasifik serta kerja sama menguntungkan berdasarkan prinsip keterbukaan dan hormat pada hukum internasional.
 
Sejumlah menteri luar negeri negara terkait yaitu Menteri Luar Negeri Australia, Menlu Selandia Baru, dan Menlu Brunei Darussalam.
 
Selain itu, Menlu Retno juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan enam negara yaitu Vietnam, Jepang, Amerika Serikat, Selandia Baru, Australia, dan Tiongkok, di sela-sela forum ini.
 
Forum informal ini adalah upaya dan kontribusi konkret Indonesia untuk menguatkan mekanisme dialog dalam kerangka ASEAN serta kerja sama mendalam dan inklusif di kawasan.
 
Hingga saat ini, masih banyak konsep dari Indo Pasifik yang berkembang di kawasan, seperti konsep milik Jepang dan India, bahkan Amerika Serikat. Situasi ini cukup dinamis.
 
Dengan adanya forum ini, diharapkan para 18 negara ini dapat duduk bersama dan mendiskusikan soal konsep Indo Pasifik.
 
Baca:Indonesia Gelar Forum Bahas Konsep Indo Pasifik

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif