Kamboja Tak Izinkan Negara Lain Bangun Pangkalan Militer

Sonya Michaella 22 November 2018 10:56 WIB
kamboja
Kamboja Tak Izinkan Negara Lain Bangun Pangkalan Militer
PM Kamboja Hun Sen. (Foto: AFP)
Phnom Penh: Perdana Menteri Kamboja Hun Sen menegaskan bahwa Kamboja tidak akan menjadi pangkalan militer asing. Sebelumnya, tersiar kabar bahwa TIongkok sedang melakukan pendekatan ke Kamboja untuk membangun pangkalan militer.

"Kamboja tidak akan mengizinkan negara mana pun membangun pangkalan militer," kata Hun Sen, dikutip dari AFP, Kamis 22 November 2018.

Hal senada dilontarkan oleh Menteri Penerangan Kamboja Khieu Kanharith yang menambahkan bahwa Kamboja tidak perlu melanggar Undang-Undang negara hanya untuk melanggengkan ambisi Tiongkok.


"Apakah Kamboja perlu melanggar UU demi Tiongkok atau pangkalan militer asing negara lainnya? Saya rasa Kamboja juga tidak akan berperang dengan pasukan asing mana pun," ucap dia. 

Baca: Kamboja Bantah Ada Pembangunan Pangkalan Militer Tiongkok

Pembangunan pangkalan Angkatan Laut Tiongkok ini pertama kali dipublikasikan oleh Asia Times yang mengutip sejumlah diplomat Tiongkok. Disebutkan bahwa Tiongkok sudah melobi Kamboja sejak 2017.

Pembangunan ini juga diduga akan menjadi bagian dalam proyek Tianjian Union Development Group. Perusahaan Tiongkok tersebut kerap menjalan proyek pangkalan militer.

Dilaporkan bahwa perusahaan tersebut bersedia mengeluarkan kocek hingga USD45 juta untuk membangun pelabuhan, yang digambarkan sebagai pangkalan AL Tiongkok.

Penelusuran Asia Times, pelabuhan tersebut sempat dijaga militer Kamboja pada bulan Juni 2018. Pengerjaannya pun tampak tertunda.




(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id