Petugas mencari korban di tengah lokasi insiden tembok roboh di kota Pune, India, 29 Juni 2019. (Foto: AFP/STR)
Petugas mencari korban di tengah lokasi insiden tembok roboh di kota Pune, India, 29 Juni 2019. (Foto: AFP/STR)

Insiden Tembok Roboh di India Tewaskan 17 Orang

Internasional india
Arpan Rahman • 30 Juni 2019 15:02
Pune: Sedikitnya 17 orang tewas dan tiga lainnya terluka dalam insiden tembok roboh di India. Tembok yang merupakan bagian dari sebuah kompleks perumahan itu runtuh di tengah hujan deras dan jatuh mengenai deretan rumah semipermanen di Kondhawa, kota Pune.
 
Menurut keterangan kepolisian setempat, disiarkan di situs UPI, Sabtu 29 Juni 2019, deretan rumah semipermanen itu merupakan tempat bermukim sejumlah pekerja proyek konstruksi.
 
Petugas gabungan dari kepolisian, dinas pemadam kebakaran dan unit penanggulangan bencana nasional berhasil menarik tiga korban selamat dari reruntuhan dan segera membawa mereka ke rumah sakit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jumlah korban tewas bertambah menjadi 17 dari laporan awal 15, yang dua di antaranya adalah anak-anak.
 
Meski terjadi di tengah hujan deras, Komisioner Polisi K Venkatesham menduga tembok itu kemungkinan sengaja dirobohkan seseorang. Kepolisian Pune menjalankan investigasi untuk memastikan kecurigaan tersebut.
 
"Siapapun pihak yang bertanggung jawab, harus bersiap menghadapi konsekuensinya," tegas Venkatesham.
 
Dengan populasi sekitar tiga juta jiwa, Pune adalah kota terbesar kedua di negara bagian Maharashtra.
 
Mayoritas dari jutaan pekerja kasar India beserta keluarga mereka biasa hidup di situs konstruksi atau di deretan rumah semipermanen untuk menghemat biaya.
 
Insiden di Pune merupakan satu dari rangkaian tragedi yang melibatkan bangunan di India. Biasanya, insiden semacam ini terjadi di tengah musim penghujan antara Juni dan September.
 
Minggu pekan kemarin, lebih dari 12 orang tewas setelah sebuah tenda roboh dan menimpa mereka dalam sebuah acara religi di negara bagian Rajasthan.
 
Pada 2017, sebidang tembok roboh dan mengenai sejumlah tamu yang sedang menghadiri pesta pernikahan di Rajasthan. Insiden tersebut menewaskan 24 orang.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif