Ribuan orang turun ke jalanan Hong Kong, Minggu 16 Juni 2019. (Foto: AFP)
Ribuan orang turun ke jalanan Hong Kong, Minggu 16 Juni 2019. (Foto: AFP)

RUU Ekstradisi Ditunda, Warga Hong Kong Tetap Berdemo

Internasional hong kong
Willy Haryono • 16 Juni 2019 16:05
Hong Kong: Ribuan warga Hong Kong berunjuk rasa ke sejumlah area gedung pemerintahan di Hong Kong untuk memprotes Rancangan Undang-Undang kontroversial mengenai ekstradisi ke Tiongkok. Demonstrasi tetap digelar meski pemerintah Hong Kong telah menunda proses RUU ekstradisi tersebut.
 
Unjuk rasa menentang RUU ekstradisi telah terjadi di Hong Kong sejak sepekan terakhir. Pemimpin Hong Kong Carrie Lam memutuskan menunda RUU tersebut di tengah tekanan masif dari pedemo pada Sabtu 15 Juni kemarin.
 
Meski begitu, sekelompok demonstran tetap turun ke jalan dan meminta agar RUU ekstradisi itu tidak ditunda, melainkan dihapus secara permanen. Dilansir dari laman BBC, terdapat pula kelompok demonstran yang mendesak Lam agar mundur dari jabatannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hingga Minggu 16 Juni 2019 siang waktu setempat, massa dalam jumlah besar berkumpul di Lapangan Victoria. Banyak dari mereka mengenakan pakaian hitam dan membawa bunga berwarna putih.
 
Sejumlah demonstran terlihat mengenang salah satu pengunjuk rasa yang tewas pada Sabtu kemarin. Korban tewas terjatuh dari sebuah perancah saat sedang memasang spanduk yang berisikan kecaman terhadap RUU ekstradisi.
 
Apa Sebenarnya yang Dikhawatirkan Pengunjuk Rasa?
 
RUU ekstradisi dinilai demonstran berpotensi membuat pengaruh Tiongkok terhadap Hong Kong semakin menguat. Mereka khawatir nantinya Hong Kong akan menjadi seperti kota-kota lain di Tiongkok yang tidak memiliki kebebasan berekspresi.
 
Hong Kong adalah bekas koloni Inggris, yang sudah dikembalikan ke Tiongkok pada 1997 di bawah sistem "Satu Negara, Dua Sistem." Sistem tersebut menjamin otonomi Hong Kong.
 
Pemerintahan Lam menegaskan RUU ekstradisi ini dapat mencegah Hong Kong berubah menjadi tempat perlindungan bagi kriminal, menyusul sebuah kasus pembunuhan yang sempat menghebohkan di Taiwan.
 
Sejumlah kritikus menilai RUU ekstradisi akan membuat masyarakat Hong Kong terpapar sistem hukum Tiongkok yang dinilai cacat. Independendsi Hong Kong juga dikhawatirkan terkikis jika RUU ekstradisi itu disahkan.
 
Baca:Pemerintah Hong Kong Tunda Pengesahan RUU Ekstradisi
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif