Menlu Retno Marsudi (Foto: Kemenlu RI)
Menlu Retno Marsudi (Foto: Kemenlu RI)

Menlu RI Ucapkan Selamat kepada Kaisar Jepang Naruhito

Internasional kaisar jepang
Marcheilla Ariesta • 02 Mei 2019 09:21
Jakarta: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengucapkan selamat atas Naruhito yang telah naik takhta menjadi kaisar baru Jepang. Naruhito adalah kaisar ke-126 Jepang yang menggantikan sang ayah, Akihito, yang turun takhta pada 30 April.
 
"Saya sampaikan selamat kepada Kaisar Naruhito yang telah naik takhta, dan juga apresiasi mendalam kepada Kaisar Akihito atas prosesi abdikasi," kata Menlu Retno dalam akun Twitter @MenluRI, Rabu 1 Mei 2019.
 
Dengan pergantian kaisar ini, era kekaisaran di Jepang juga berubah. Di bawah kekuasaan Kaisar Naruhito, Jepang berganti era dari Heisei menjadi Reiwa, yang memiliki arti harmoni yang indah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menlu Retno mengaku turut senang atas kegembiraan masyarakat Jepang menyambut datangnya era baru Reiwa.
 
"Era Reiwa menandai momentum baru untuk memperkuat kerja sama dan persahabatan yang harmonis antara Indonesia dan Jepang," imbuhnya.
 
Selasa 30 April, Kaisar Akihito resmi turun takhta dan menyerahkannya kepada Putra Mahkota Naruhito.
 
Melalui prosesi sederhana, prosesi turun takhta ini disertai penyerahan Harta Karun Kekaisaran atau Regalia berupa pedang dan permata serta segel oleh Akihito, yang satu hari setelahnya diberikan kepada Naruhito.
 
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe memberikan pidato kehormatannya untuk kaisar berusia 85 tahun itu. Dia mengucapkan terima kasih kepada Akihito untuk pengabdiannya kepada Jepang. Kemudian Kaisar Akihito mengucapkan pernyataan terakhirnya untuk Jepang, sebagai kaisar.
 
“Saya menyelesaikan tugas sebagai kaisar. Saya ingin memberikan rasa hormat kepada dunia yang diwakili Perdana Menteri Abe dan juga rakyat Jepang,” ujar Kaisar Akihito.
 
“Sejak naik takhta 30 tahun lalu, saya melakukan tugas sebagai kaisar rasa hormat kepada rakyat. Saya merasa sangat beruntung bisa melakukan tugas ini. ” imbuhnya.
 
Rabu 1 Mei, Naruhito resmi menjadi kaisar Jepang usai menerima Regalia di Istana Kekaisaran di Tokyo. "Saya berjanji akan bertindak sesuai Konstitusi dan memenuhi tanggung jawab sebagai simbol negara dan kesatuan masyarakat Jepang," ucap Kaisar Naruhito dalam pidato perdananya.
 
Baca:Pidato Perdana Naruhito Sebagai Kaisar Baru Jepang

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif