Juru Bicara Kemenlu RI Arrmanatha Nasir berbicara tanggapan Kemenlu terkait Uighur di Tiongkok. (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).
Juru Bicara Kemenlu RI Arrmanatha Nasir berbicara tanggapan Kemenlu terkait Uighur di Tiongkok. (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).

Indonesia Sampaikan Sikap Terkait Uighur ke Dubes Tiongkok

Internasional indonesia-tiongkok uighur
Sonya Michaella • 19 Desember 2018 20:27
Bandung: Indonesia menyampaikan keprihatinan terkait kondisi Uighur di Tiongkok. Keprihatinan ini sudah disampaikan Kemenlu RI kepada Duta Besar Tiongkok yang ada di Jakarta.

“Kemenlu menegaskan bahwa sesuai dengan Deklarasi Universal HAM PBB, kebebasan beragama dan kepercayaan merupakan hak asasi dan dalam hal ini merupakan tanggung jawab setiap negara untuk menghormati,” kata Juru Bicara Kemenlu RI Arrmanatha Nasir, kepada awak media, di Bandung, Rabu 19 Desember 2018.

Baca juga: Warga Uighur Didoktrin Paksa Cinta Partai Komunis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Dalam kesempatan bertemu Kemenlu tersebut, Arrmanatha menambahkan bahwa Dubes Tiongkok menyampaikan komitmen dalam perlindungan HAM dan sependapat bahwa informasi soal Uighur sangatlah penting. “Dubes Tiongkok sepakat bahwa informasi soal Uighur sangatlah penting untuk diketahui publik walaupun isu tersebut merupakan isu dalam negeri,” ujar Arrmanatha.

“Kemenlu mencatat keinginan Kedubes Tiongkok di Jakarta untuk memperluas info terkait kondisi Uighur di Tiongkok,” lanjut dia.

Tiongkok membuat tempat penahanan untuk kaum Uighur dan minoritas Muslim lainnya. Tujuannya untuk mengedukasi kembali sekaligus menumbuhkan rasa cinta Partai Komunis.

Tak hanya Uighur, Kepolisian Tiongkok juga kabarnya menahan puluhan umat Kristen dan pra pendeta. Menurut laporan, sekitar 100 umat dan pendeta telah ditahan.

Namun, Pemerintah Tiongkok menyangkal bahwa telah menahan jutaan Uighur dan umat Kristen tersebut meski sudah ada kecaman dari sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Jerman, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa. 


(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi