Dubes Rusia untuk ASEAN Alexander Ivanov (kedua dari kiri). (Foto: Kumara Anggita/Medcom)
Dubes Rusia untuk ASEAN Alexander Ivanov (kedua dari kiri). (Foto: Kumara Anggita/Medcom)

Rusia Hibahkan Alat Medis ke RS Persahabatan Jakarta

Internasional indonesia-rusia
Kumara Anggita • 14 Desember 2018 16:43
Jakarta: Pemerintah Rusia menghibahkan alat-alat kesehatan ke Rumah Sakit Persahabatan di Jakarta. Rumah sakit ini merupakan bentuk kerja sama Indonesia dan Rusia sejak 1963 atau masa Presiden RI ke-1, Ir. Soekarno, yang masih kokoh berdiri hingga kini.
 
Duta Besar Rusia untuk ASEAN, Alexander Ivanov mengatakan, pemberian hibah berupatonometer dan electrocardiogram ini merupakan wujud persahabatan Rusia dan Indonesia. Tak hanya hibah alat-alat medis, Rusia juga akan memberikan beasiswa pelatihan bagi para dokter spesialis.
 
"Kita akan terus mendukung spesialis Indonesia. Sebagai contoh, Rusia memberikan program untuk spesialis di Vladivostok untuk negara ASEAN termasuk Indonesia. Rusia akan membayar semuanya termasuk tiket pesawat terbang," kata Dubes Ivanov di Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta, 14 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Georgievna Vorobieva menyatakan, investasi semacam ini merupakan hal yang penting untuk dilakukan.
 
Pasalnya, banyak kerja sama antara Rusia dan Indonesia yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.
 
"Kami telah bekerja sama di bidang edukasi dan humanitarian, dan tentunya turis Rusia yang mengunjungi Indonesia juga lebih dari 100 ribu orang. Jadi tujuan kami adalah mengembangkan kerja sama yang menguntungkan Rusia dan Indonesia," kata Dubes Vorobieva.
 
Pembangunan rumah sakit yang awalnya merupakan rumah sakit satelit dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo pada 1961 ini memang dipimpin langsung oleh para insinyur Rusia.
 
Penyerahan bantuan rumah sakit secara resmi oleh Pemerintah Rusia kepada Pemerintah Indonesia dilakukan pada tanggal 7 November 1963. Tanggal tersebut kemudian dikenal sebagai hari jadi RS Persahabatan.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif