Putin Inginkan Bertemu Jokowi di KTT Asia Timur
Presiden RI Joko Widodo bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin saat KTT APEC 2014 di Beijing, Tiongkok (Foto: AFP).
Jakarta: Presiden Joko Widodo akan bertemu dengan mitranya, Presiden Rusia Vladimir Putin di Konferensi Tingkat Tinggi Asia Timur (EAS) di Singapura. Menurut Duta Besar RI untuk Rusia Wahid Supriyadi, pertemuan tersebut sebagai awal sebelum kunjungan Putin ke Indonesia.
 
"Tadinya Presiden Putin akan ke Indonesia sebelum akhir tahun, namun hingga saat ini jadwalnya masih belum pas," kata Wahid di Jakarta, Rabu, 31 Oktober 2018.
 
Dia menyebutkan, Putin kemudian meminta adanya pertemuan dengan Jokowi di sela EAS di Singapura. "Pertemuan tersebut Presiden Putin yang mau," imbuh dia.
 
Sementara itu, Wahid mengatakan Putin melihat potensi kerja sama Indonesia dan Rusia yang semakin luas. Menurut dia, tren perdagangan dua negara tengah meningkat, termasuk adanya penerbangan langsung dari Denpasar ke Moskow dan sebaliknya.
 
"Penerbangan langsung ini dibuka pada 28 Oktober kemarin untuk pertama kalinya ada penerbangan langsung dari Denpasar ke Moskow. Dan antusiasmenya luar biasa. Dua pesawat yang beroperasi, yakni Rossiya Airline dan Aeroflot," tukasnya.
 
Dia menuturkan target turis Rusia yang ke Indonesia mencapai 350 ribu usai penerbangan langsung ini dibuka. Meski demikian, kata Wahid, jumlah tersebut masih kurang dibandingkan Vietnam dan Thailand.
 
Namun, katanya Indonesia optimis untuk meningkatkan hubungan terutama people to people dengan Rusia. Meski pun baru Denpasar saja, Wahid berharap penerbangan langsung ini dapat diperluas ke berbagai daerah di Indonesia.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id