India memulai penghitungan suara pemilu 2019. (Foto: AFP)
India memulai penghitungan suara pemilu 2019. (Foto: AFP)

India Mulai Hitung Suara Pemilu

Internasional india politik india
Sonya Michaella • 23 Mei 2019 11:41
New Delhi: India mulai penghitungan suara masuk dalam gelaran pemilihan umum yang dilaksanakan sejak awal April lalu. Menurut laporan, Komisi Pemilihan Umum India akan langsung mengumumkan hasilnya hari ini.
 
Dilansir dari AFP, Kamis 23 Mei 2019, partai yang mengusung petahana Narendra Modi, Bharatiya Janaty Party (BJP), diprediksi menang.
 
Diperkirakan sekitar 600 juta surat suara akan dimulai dihitung hari ini. Untuk saat ini, data resmi yang dikeluarkan KPU India menunjukkan BJP unggul sementara di 101 kursi dengan diikuti partai oposisi, Partai Kongres, di 40 kursi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Banyak pihak menilai pemilu kali ini merupakan semacam referendum bagi kepemimpinan PM Modi, yang pernah menang telak dalam pemilu 2014. Untuk membentuk pemerintahan baru di India, sebuah partai atau koalisi membutuhkan 272 kursi di parlemen.
 
Baca:Partai PM Modi Diprediksi Menang Pemilu India
 
Empat exit poll memproyeksikan kemenangan Aliansi Demokratik Nasional (NDA) yang dipimpin BJP. Keempatnya memprediksi raihan kursi berjumlah antara 280 hingga 315, jauh melampaui Partai Kongres di kubu oposisi.
 
Namun, tekanan demi tekanan menghampiri Modi ketika ia mulai berkampanye di mana tiga negara bagian menolaknya karena harga hasil pertanian dan jumlah pengangguran meningkat.
 
Pendapatan dari sektor pertanian juga mengalami stagnasi karena 'kekenyangan panen' dan menurunnya harga komoditas, yang membuat petani dibebani utang, meski India saat ini menjadi kekuatan ekonomi terbesar keenam di dunia.
 
Kedua partai menargetkan suara kalangan miskin terutama yang tinggal di pedesaan. Bahkan BJP menjanjikan sejumlah skema kesejahteraan bagi para petani India, dan Partai Kongres menjanjikan skema pendapatan minimum untuk 50 juta keluarga termiskin di negara itu.
 
Keamanan nasional juga menjadi sorotan dalam pemilu kali ini setelah adanya serangan bom bunuh diri oleh kelompok militan asal Pakistan. BJP juga menjadikan keamanan nasional sebagai papan utama dalam kampanye.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif