Jempol dari Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk Presiden Joko Widodo di KTT G20, Osaka, Jepang. (Foto: Biro Pers Setpres).
Jempol dari Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk Presiden Joko Widodo di KTT G20, Osaka, Jepang. (Foto: Biro Pers Setpres).

Jokowi Banjir Ucapan Selamat di KTT G20

Internasional ktt g20 pilpres 2019
Fajar Nugraha • 28 Juni 2019 15:52
Osaka: Ketika mengikuti pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang, Presiden Joko Widodo menerima banyak ucapan selamat atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Republik Indonesia.
 
Baca juga: Cengkrama Presiden Jokowi Bersama Para Pemimpin Dunia.
 
Kepala Protokol Negara Andri Hadi yang mendampingi dan berada dekat dengan Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa hampir semua kepala negara dan kepala pemerintahan yang bertemu Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi Banjir Ucapan Selamat di KTT G20
Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Inggris Theresa May. (Foto: Dok. Biro Pers Setpres).
 

Congratulation... congratulation atau (selamat…selamat),” ucap Andri Hadi menirukan ucapan pertama para kepala negara dan kepala pemerintahan ketika bertemu Presiden Jokowi.
 
“Ucapan tersebut disampaikan dalam berbagai kesempatan di sela-sela perhelatan KTT G20, seperti pada saat menunggu official welcome dan family photo, maupun ketika para kepala negara dan kepala pemerintahan akan memulai Leader's Side Event,” imbuhnya, seperti dikutip dari keterangan Biro Pers Setpres, yang diterima Medcom.id, Jumat, 28 Juni 2019.
 
Jokowi Banjir Ucapan Selamat di KTT G20
Ucapan selamat Presiden Spanyol Pedro Sanchez untuk Presiden Joko Widodo. (Foto: Biro Pers Setpres).
 
Para kepala negara/kepala pemerintahan itu di antaranya Presiden Amerika Serikat Donald Trump, PM Jepang Shinzo Abe, Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Pangeran Mohammad bin Salman, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, PM Australia Scott Morrison, PM Belanda Mark Rutte, Presiden Prancis Emmanuel Macron, PM Italia Giuseppe Conte, PM Inggris Theresa May, PM India Narendra Modi dan Presiden Spanyol Pedro Sanchez.
 
Selain itu, turut pula memberikan ucapan selamat kepada Presiden Jokowi adalah Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.
 
Jokowi Banjir Ucapan Selamat di KTT G20
PM Jepang Shinzo Abe menyambut Presiden Joko Widodo. (Foto: Biro Pers Setpres).
 

Prabowo-Sandi kalah sengketa pilpres
 
Sebelumnya Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis 27 Juni menolak seluruh permohonan sengketa Pilpres 2019 dari Prabowo-Sandiaga Uno. Dengan demikian, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sah menjadi presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024.
 
"Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," kata Ketua MK Anwar Usman saat membacakan putusan di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis, 27 Juni 2019.
 
Putusan ini diambil secara bulat oleh sembilan hakim MK. Tidak ada perbedaan pendapat (dissenting opinion) dalam pengambilan putusan.
 
Baca juga: Kubu Prabowo Tak Mampu Buktikan Seluruh Gugatan.
 
Dalam pertimbangannya, MK memang mematahkan seluruh dalil yang diajukan pasangan calon nomor urut 02. Prabowo dianggap tidak dapat membuktikan adanya kecurangan terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) dalam Pilpres 2019.
 
MK salah satunya menolak dalil tim kuasa hukum Prabowo-Sandiaga terkait adanya 2.984 tempat pemungutan suara (TPS) atau 895.200 suara siluman. Pasalnya, daerah mana saja yang terdapat TPS siluman tidak dapat dibuktikan.
 
MK juga menilai sistem informasi penghitungan (situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak dapat dijadikan dasar penghitungan rekapitulasi suara. Situng tak dapat memengaruhi hasil rekapitulasi suara nasional secara berjenjang.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif