Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) Afganistan Salahuddin Rabbani di Kantor Wapres, Jakarta. Foto: Medcom.id/Fikar
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) Afganistan Salahuddin Rabbani di Kantor Wapres, Jakarta. Foto: Medcom.id/Fikar

JK dan Salahuddin Rabbani Bahas Perdamaian Afghanistan

Internasional indonesia-afghanistan
Achmad Zulfikar Fazli • 15 Maret 2019 14:58
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) Afghanistan Salahuddin Rabbani di Kantor Wapres, Jakarta. Keduanya membahas soal perdamaian di Afghanistan.
 
"Fokus dari pembahasan adalah mengenai masalah peace proses dan kontribusi yang dapat diberikan Indonesia untuk peace proses tersebut," kata Menlu RI Retno Marsudi di Kantor Wapres, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2019.
 
Rabbani menyampaikan terima kasih atas bantuan Indonesia dalam proses perdamaian di negaranya. Dia juga memuji keberhasilan Indonesia dalam menggelar Trilateral Ulama yang menghasilkan deklarasi perdamaian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Komitmen Indonesia untuk Perdamaian Afghanistan Sangat Jelas
 
Menurut Retno, trilateral ulama itu sangat penting bagi Afghanistan untuk membangun kepercayaan dunia. "Jadi arti dari penyelenggaraan trilateral ulama ini sangat berguna dalam konteks trust building," ucap dia.
 
JK, kata Retno, juga menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus mendukung perdamaian di Afghanistan. Indonesia akan berkomunikasi dengan semua yang terlibat dalam perdamaian itu.
 
"Sekali lagi dalam konteks trust building dan kita sudah menyampaikan bahwa Indonesia is more than ready untuk menjadi fasilitator apaila diperlukan," ucap dia.
 
Selain itu, Indonesia akan melangsungkan pemilu terlebih dahulu ketimbang Afghanistan. Karena itu, mereka meminta untuk mendapat pelatihan dan pembelajaran soal proses pemilu yang berjalan di Indonesia.
 
"Akan ada delegasi ke Afganistan untuk memberikan training dan skaligus mengundang pastisipasi Afghanistan saat kita pemilu," kata Retno.
 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif