Dua pesawat jet tempur Sukhoi mengawal pesawat transport di Ghaziabad, India, 6 Oktober 2018. (Foto: AFP/PRAKASH SINGH)
Dua pesawat jet tempur Sukhoi mengawal pesawat transport di Ghaziabad, India, 6 Oktober 2018. (Foto: AFP/PRAKASH SINGH)

India Tembak Jatuh Drone Pakistan

Internasional india pakistan konflik kashmir
Willy Haryono • 05 Maret 2019 07:20
New Delhi: Angkatan Udara India menembak jatuh sebuah pesawat tanpa awak atau drone milik militer Pakistan yang terbang melintasi perbatasan. Ini merupakan kelanjutan dari ketegangan kedua negara atas konflik di Kashmir.
 
"Sebuah pesawat jet tempur Sukhoi-30 milik India menjatuhkan kendaraan udara tanpa awak (UAV) dengan misil di dekat Bikaner di negara bagian Rajasthan, tak jauh dari perbatasan Pakistan," ungkap laporan yang dikutip beberapa sumber, seperti dilansir dari laman AFP, Senin 4 Maret 2019.
 
Kantor berita Press Trust of India (PTI) melaporkan bahwa itu adalah upaya kedua Pakistan dalam mengirim drone ke wilayah India dalam enam hari terakhir. Drone pertama telah ditembak jatuh India pada 27 Februari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hingga saat ini belum ada komentar resmi dari India maupun Pakistan mengenai penembakan drone.
 
Pekan kemarin, India dan Pakistan bersitegang serius usai ledakan bom bunuh diri menewaskan 40 personel paramiliter New Delhi pada 14 Februari. Jaish-e-Mohammad mengklaim bom tersebut, dan India menuduh Pakistan mendukung grup militan tersebut. Pakistan membantahnya.
 
Dua belas hari berselang, jet tempur India memasuki wilayah Pakistan dan melancarkan serangan udara. India mengklaim telah berhasil menghancurkan sebuah kamp militan.
 
Satu hari setelahnya, pesawat Pakistan memasuki zona udara India dan bertempur dengan jet India. Satu pesawat India ditembak jatuh, dan pilotnya ditangkap Pakistan.
 
Pilot tersebut dipulangkan ke India pada Jumat pekan kemarin. Perdana Menteri Pakistan Imran Khan menyebut pemulangan pilot sebagai "gestur perdamaian" untuk menurunkan ketegangan.
 
Namun ketegangan tidak menurun, dan kedua negara masih saling berbalas menembakkan artileri serta mortir di Line of Control (LoC), garis di sepanjang perbatasan di Kashmir. Beberapa warga sipil tewas dari kedua kubu.
 
Saling serang berlanjut hingga Senin 4 Maret, namun tidak ada korban jiwa baru. Pakistan mengatakan seorang prajurit yang tewas dalam pertempuran pada Sabtu kemarin telah "dimakamkan dengan upacara penghormatan militer."
 
Kashmir telah menjadi sumber ketegangan India dan Pakistan sejak 1947. Kedua negara sama-sama mengklaim keseluruhan wilayah tersebut.
 
Baca:AS Selidiki Pakistan Gunakan Pesawat F-16 untuk Serang India
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif