Duta Besar Jerman untuk Indonesia Peter Schoof. Foto: Medcom.id/Sonya Michaella
Duta Besar Jerman untuk Indonesia Peter Schoof. Foto: Medcom.id/Sonya Michaella

Hari Penyatuan Jerman dan Kenangan Habibie

Internasional indonesia-jerman
Sonya Michaella • 04 Oktober 2019 09:39
Jakarta: Memperingati Hari Penyatuan Jerman, Duta Besar Jerman untuk Indonesia Peter Schoof mendorong agar demokrasi di Indonesia harus terus dilanjutkan. Menurutnya, demokrasi di Tanah Air merupakan buah hasil dari mendiang Presiden ke-3 RI BJ Habibie.
 
“Demokrasi, keberagaman, keterbukaan, untuk kemaslahatan seluruh masyarakat Indonesia harus terus dilanjutkan dan dipertahankan. Sama ketika Jerman pun akhirnya bersatu hingga saat ini,” kata Schoof dalam pidatonya semalam di Jakarta, Kamis 3 Oktober 2019.
 
Schoof menambahkan, di masa kepemimpinan Habibie dulu, dia telah membuka jalan demokrasi Indonesia dengan mengimplementasikan perubahan, kebebasan berbicara, membebaskan tahanan politik, serta rekonsiliasi dengan negara-negara tetangga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Habibie juga berhasil mempromosikan ilmu pengetahuan dan pendidikan di Indonesia. Saya mengakui, saya rindu kepada Habibie yang sangat mencintai Jerman,” ujar dia.
 
Schoof mengatakan, Habibie adalah sosok yang memiliki pengetahuan mendalam mengenai masyarakat dan budaya Jerman, dengan hubungan profesional dan pribadi yang sangat erat.
 
“Ketidakhadiran beliau malam ini, di mana dia selalu rutin datang setiap tahunnya, sangat membuat kami sedih, mengenang beliau,” tutur Schoof.
 
Hari Penyatuan Jerman tahun ini juga dihadiri oleh Perdana Menteri Jerman atau Minister-President of Lower Saxony, Stephan Weil dan Menteri Koordinator Kemaritiman RI Luhut Binsar Pandjaitan serta duta besar negara tetangga yang berkedudukan di Jakarta.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif