Calon penumpang di Bandara Hong Kong dihadapkan pada pembatalan penerbangan. Foto: AFP.
Calon penumpang di Bandara Hong Kong dihadapkan pada pembatalan penerbangan. Foto: AFP.

Bandara Hong Kong Batalkan 300 Penerbangan

Internasional hong kong
Marcheilla Ariesta • 13 Agustus 2019 11:13
Hong Kong: Bandar Udara Internasional Hong Kong telah dibuka kembali setelah sebelumnya ditutup karena protes. Meski demikian, sebanyak 300 penerbangan dibatalkan pada hari ini, Selasa, 13 Agustus 2019.
 
Baca juga: Protes Mereda, Penerbangan di Bandara Hong Kong Dibuka.
 
Hingga pukul 8.00 pagi waktu setempat, sebanyak 160 penerbangan keberangkatan dan 150 penerbangan kedatangan telah dibatalkan. Rencananya pembatalan dilakukan hingga tengah malam nanti.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Antrean panjang penumpang terlihat di sepanjang aula keberangkatan. Mereka menanti penjadwalan ulang dari maskapai akibat pembatalan penerbangan ini.
 
Bahkan, ada yang tidur di bandara karena terlantar akibat penutupan bandar udara tersebut. Sementara di terminal kedatangan, situasi cenderung lebih sepi.
 
Para pedemo yang sebelumnya memenuhi terminal, kini hanya terlihat di beberapa area. Dilansir dari South China Morning Post, otoritas Bandara Hong Kong mengatakan sejumlah penerbangan dibatalkan pada hari ini. Tentunya berpengaruh pada pergerakan penerbangan.
 
Salah seorang penumpang, Chang Ya-yuan, dari Taiwan, menjadi salah satu dari ratusan pelancong yang menginap di bandara. "Saya sudah di bandara sekitar 14 jam. Tapi untungnya itu tidak mengganggu rencana saya, saya hanya menemani ibu melakukan perjalanan bisnis," kata Chang yang transit di Hong Kong sebelum ke Shanghai.
 
Di jadwal aslinya, dia seharusnya sudah meninggalkan Hong Kong pada Senin, pukul 16.00 waktu setempat. Penerbangannya dijadwalkan kembali hingga dua kali sebelum akhirnya dibatalkan oleh pihak maskapai.
 
"Saya pikir saya tidak harus membayar untuk masalah ini, karena ini bukan salah kami. Namun, tidak ada satu pun staf di sana tadi malam. Mereka tidak membiarkan kami masuk ke area keberangkatan, walau pun kami telah menyiapkan boarding pass untuk transit," imbuhnya.
 
Chang menuturkan dia tidur di belakang meja check-in, sementara penumpang lain mencoba tidur di lantai karpet belakang meja.
 
Demonstran memenuhi bandar internasional Hong Kong pada Senin, 12 Agustus 2019. Ini merupakan kelanjutan dari protes yang sudah terjadi dua bulan ini.
 
Tim renang DKI Jakarta juga ikut terjebak di bandara saat hendak pulang ke Indonesia. Tim ini mengikuti kejuaraan renang di Hong Kong.
 
Baca juga: Terjebak di Bandara, Tim Renang DKI Diselamatkan KJRI Hong Kong.
 
Kini, tim renang DKI Jakarta telah berada di kantor Konsulat Jenderal RI di Hong Kong. Pelaksana Tugas Konsul Jenderal RI di Hong Kong, Mandala Purba, menuturkan bahwa saat ini situasi masih kondusif. Dia berharap situasi bisa aman terkendali dan semua moda transportasi bisa kembali berjalan lancar.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif