Seorang pria mengenakan masker saat tiba di stasiun kereta api Beijing, Tiongkok, 21 Januari 2020. (Foto: AFP/NICOLAS ASFOURI)
Seorang pria mengenakan masker saat tiba di stasiun kereta api Beijing, Tiongkok, 21 Januari 2020. (Foto: AFP/NICOLAS ASFOURI)

Tiongkok Konfirmasi Kematian Keempat dari Virus Wuhan

Internasional virus korona tiongkok pneumonia
Willy Haryono • 21 Januari 2020 11:59
Beijing: Tiongkok mengonfirmasi kematian keempat dari virus korona tipe terbaru yang telah menyebar ke seantero Negeri Tirai Bambu. Korban keempat diketahui sebagai pria berusia 89 tahun.
 
Dilansir dari AFP, Selasa 21 Januari 2020, pria tersebut meninggal usai sempat sulit bernapas di kediamannya di Wuhan, kota yang diyakini sebagai sumber virus baru tersebut.
 
Sejauh ini, semua kematian akibat virus tersebut berada di Wuhan. Virus baru ini menunjukkan gejala penyakit mirip dengan Sindrom Pernapasan Akut Berat atau SARS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


SARS telah menewaskan hampir 650 orang di Tiongkok dan Hong Kong pada 2002-2003. Total orang yang terjangkit virus baru di Tiongkok mencapai 218. Sementara jika digabung dengan negara lain, angkanya mencapai 222.
 
'Virus Wuhan' itu telah terdeteksi di Thailand, Jepang dan juga Korea Selatan.
 
Sebelumnya, Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok mengonfirmasi bahwa virus tersebut menular antarmanusia. Hal ini dapat terlihat dari terjangkitnya sejumlah staf medis yang menangani pasien 'pneumonia misterius' di Tiongkok.
 
Presiden Tiongkok Xi Jinping telah memerintahkan jajarannya untuk segera mengatasi masalah ini. Ia khawatir virus ini dapat mewabah karena terjadi peningkatan jumlah kasusnya terjadi di tengah momen liburan Hari Raya Imlek.
 
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengonfirmasi bahwa virus tersebut memang dapat menular antarmanusia dalam kondisi tertentu, dalam hal ini jika seseorang berada dekat dengan pasien.
 
WHO menjadwalkan pertemuan darurat untuk mendiskusikan 'virus Wuhan' pada Rabu besok. Pertemuan akan membahas mengenai apakah virus di Tiongkok dapat dikategorikan sebagai darurat kesehatan internasional atau tidak.
 
Hingga saat ini, WHO belum mengeluarkan imbauan atau larangan bepergian terkait masalah virus korona di Tiongkok.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif