Pertemuan perdana antara Kim Jong-un dan Trump di Singapura, Juni 2018. (Foto: AFP)
Pertemuan perdana antara Kim Jong-un dan Trump di Singapura, Juni 2018. (Foto: AFP)

Singapura dan Vietnam Diincar jadi Tempat KTT Kedua AS-Korut

Internasional Amerika Serikat-Korea Utara
Sonya Michaella • 11 Januari 2019 13:13
Seoul: Media Korea Selatan (Korsel) melaporkan Singapura dan Vietnam sedang dipertimbangkan menjadi negara pertemuan kedua antara pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.
 
"Ada dua negara yang menjadi pertimbangan yaitu Singapura dan Vietnam. Hawaii juga termasuk," kata seorang pejabat dari Kementerian Luar Negeri Korsel, dikutip dari Channel News Asia, Senin 11 Januari 2019.
 
"Tetapi Hawaii dikatakan sebagai lokasi yang tidak realistis karena tidak memiliki Kedutaan Besar Korut," lanjut pejabat anonim tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menambahkan pula, ada keinginan dari Korsel agar pertemuan antara Korut dan AS agar digelar di Desa Panmunjom yang terletak di Zona Demiliterisasi.
 
Baca:Tiongkok Dukung KTT AS-Korut Segera Digelar
 
"Kami ingin bisa digelar di Panmunjom, tapi kemungkinan ini menjadi opsi yang paling terakhir atau bisa saja tidak bisa tercapai," ujar dia.
 
Pembicaraan soal KTT AS-Korut kedua ini juga telah disampaikan Kim kepada Presiden Tiongkok Xi Jinping. Tiongkok berharap Korut dan AS segera bertemu dan penggunaan dialog untuk menyelesaikan masalah.
 
Tiongkok juga mendukung komitmen Korut terhadap proses denuklirisasi di Semenanjung Korea dan peningkatan hubungan dengan Korea Selatan (Korsel).
 
Di samping itu, Kim Jong-un menegaskan bahwa Korut akan terus berpegang pada sikap melaksanakan denuklirisasi di Semenanjung Korea melalui dialog dan konsultasi.
 
Kim juga terus melakukan upaya untuk KTT dengan AS terlaksana dan mencapai hasil yang disambut baik oleh masyarakat internasional.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif