Mobil Kim Jong-un terlihat di Beijing. (Foto: AFP)
Mobil Kim Jong-un terlihat di Beijing. (Foto: AFP)

Tiongkok Dukung KTT AS-Korut Segera Digelar

Internasional tiongkok Amerika Serikat-Korea Utara
Sonya Michaella • 10 Januari 2019 09:07
Beijing: Menerima kunjungan pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, Presiden Tiongkok Xi Jinping mengutarakan bahwa dirinya sangat mendukung pertemuan Kim dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump segera digelar.
 
"Tiongkok berharap Korut dan AS segera bertemu dan penggunaan dialog untuk menyelesaikan masalah," kata Xi, dikutip dari Xinhua, Kamis 10 Januari 2019.
 
Tiongkok juga mendukung komitmen Korut terhadap proses denuklirisasi di Semenanjung Korea dan peningkatan hubungan dengan Korea Selatan (Korsel).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di samping itu, Kim Jong-un menegaskan bahwa Korut akan terus berpegang pada sikap melaksanakan denuklirisasi di Semenanjung Korea melalui dialog dan konsultasi.
 
Baca:Kim Jong-un dan Xi Jinping Diskusikan KTT Trump
 
Kim juga terus melakukan upaya untuk KTT dengan AS terlaksana dan mencapai hasil yang disambut baik oleh masyarakat internasional.
 
Kim tiba di Beijing pada Selasa 8 Januari. Selain soal KTT kedua dengan AS, Kim juga datang ke Tiongkok untuk mencari dukungan ekonomi dari Negeri Tirai Bambu.
 
KTT pertama berlangsung di Singapura. Kala itu, Kim dan Presiden AS Donald Trump sepakat berusaha bersama-sama dalam mewujudkan denuklirisasi di Semenanjung Korea. Lawatan Kim ke Tiongkok ini tidak diumumkan secara resmi.
 
Rabu 9 Januari 2019, iring-iringan kendaraan Kim dilaporkan telah meninggalkan rumah tamu Diaoyutai. Media Korsel, Yonha, menyebut Kim mengunjungi sebuah pabrik farmasi Tongrentang selama sekitar setengah jam.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif