Pertemuan Menlu-Menhan Australia dan Belanda di Bali. Foto: Medcomi.id/Marcheilla Ariesta
Pertemuan Menlu-Menhan Australia dan Belanda di Bali. Foto: Medcomi.id/Marcheilla Ariesta

Indonesia-Australia Komitmen Percepat Kemitraan Ekonomi Komprehensif

Internasional bali democracy forum indonesia-australia
Marcheilla Ariesta • 06 Desember 2019 15:47
Nusa Dua: Indonesia dan Australia berkomitmen bersama untuk kerja sama ekonomi yang terbuka. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan kedua negara sepakat untuk menjalankan kerja sama perdagangan dan investasi yang adil dan saling menguntungkan.
 
"Kami saling melaksanakan perdagangan yang terbuka, bebas dan adil," kata Menlu Retno di Nusa Dua, Bali, Jumat 6 Desember 2019.
 
Dalam pertemuan 2+2 (two plus two) antara Menlu dan Menteri Pertahanan RI-Australia, kedua negara melakukan pembaruan proses ratifikasi Perjanjian Kemitraaan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Retno Marsudi menambahkan, selain IA-CEPA, Indonesia juga mengharapkan komitmen Australia untuk terus melakukan kerja sama dalam perjanjian Regional Comprehensive Economy Partnership (RCEP). "Sehingga RCEP dapat ditandatangani pada 2020," lanjut dia.
 
Dalam kesempatan yang sama, Menlu Australia Marise Payne mengatakan banyak ruang yang perlu diperdalam mengenai kerja sama ekonomi kedua negara.
 
"Sebagai dua negara dengan ekonomi terbesar di kawasan, kami terus melihat bagaimana kelanjutan IA-CEPA tahun depan," seru Payne.
 
Selain itu, kerja sama di bidang keamanan siber juga menjadi salah satu bahasan keempat menteri. Payne mengungkapkan bahwa ini salah satu kerja sama baru yang dilakukan Indonesia dan Australia.
 
Kemitraan di bidang keamanan siber ini menjadi langkah untuk menjaga kedaulatan demokrasi dan ekonomi. "Kami akan bekerja sangat keras di bidang keamanan siber dan ekonomi digital dalam beberapa tahun ke depan," pungkasnya.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif