Raja Maha Vajiralongkorn mengenakan mahkota kerajaan Thailand dalam prosesi penobatan di Bangkok, 4 Mei 2019. (Foto: Thai TV Pool/AFP)
Raja Maha Vajiralongkorn mengenakan mahkota kerajaan Thailand dalam prosesi penobatan di Bangkok, 4 Mei 2019. (Foto: Thai TV Pool/AFP)

Prosesi Penobatan, Vajiralongkorn Kenakan Mahkota Raja Thailand

Internasional raja thailand
Willy Haryono • 04 Mei 2019 13:21
Bangkok: Maha Vajiralongkorn resmi mengenakan mahkota Kerajaan Thailand di hari pertama prosesi penobatannya di Bangkok, Sabtu 4 Mei 2019. Raja Vajiralongkorn mewarisi takhta usai kematian sang ayah, Bhumibol Adulyadej, pada 2016.
 
Dalam prosesi penobatan hari ini, Raja Vajiralongkorn atau dikenal juga dengan Rama X resmi mengenakan mahkota seberat 7,3 kilogram. Mahkota ini disebut sebagai Great Crown of Victory.
 
Mahkota Kemenangan Agung adalah satu dari lima Harta Karun Kerajaan atau Regalia milik kerajaan Thailand. Empat harta lainnya adalah sepasang sandal, pedang, tongkat, kipas serta pemintal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Raja Vajiralongkorn adalah anak kedua dari Bhumibol Adulyadej dan Sirikit. Vajiralongkorn memiliki seorang kakak perempuan.
 
Vajiralongkorn pernah belajar di Inggris dan Australia, serta berlatih di Royal Military College di Canberra. Dia kemudian menjadi seorang perwira di angkatan bersenjata Thailand, dan juga dikenal sebagai pilot pesawat jet tempur.
 
Dia menjadi putra mahkota dan calon pewaris takhta pada 1972. Dia dikenal juga dengan Rama X, atau raja kesepuluh dari dinasti Chakri.
 
Penobatan Raja Vajiralongkorn dilakukan di tengah ketidakpastian politik di Thailand. Pemilu di Thailand telah digelar pada 24 Maret, kali pertama sejak militer mengambil alih kekuasaan dalam kudeta 2014. Namun hingga saat ini, belum ada pemerintahan baru Thailand.
 
Namun, banyak warga Thailand antusias menanti prosesi penobatan, yang merupakan kali pertama dalam hampir 70 tahun terakhir.
 
Sebagian besar ritual Brahmin dan Buddha dalam penobatan ini berlangsung Sabtu. Di hari kedua, rakyat Thailand akan menyaksikan Raja Vajiralongkorn ditandu sepanjang tujuh kilometer, dimulai dari pusat ibu kota Bangkok. Upacara penobatan ini akan berlangsung selama tiga hari dari 4 hingga 6 Mei 2019.
 
Proses penobatan akan terus berlanjut hingga Senin mendatang.
 
Baca:Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Memulai Prosesi Penobatan

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif