Warga di Australia masih beraktivitas meskipun suhu dingin sudah mulai melanda. (Foto: AFP).
Warga di Australia masih beraktivitas meskipun suhu dingin sudah mulai melanda. (Foto: AFP).

Salju di Queensland, Suhu Dingin Membeku Landa Australia

Internasional australia
Arpan Rahman • 04 Juni 2019 18:12
Queensland: Kondisi membekukan melanda wilayah timur Australia. Kondisi itu menurunkan salju ke daerah-daerah yang jauh di utara Queensland yang beriklim subtropis.
 
Biro Meteorologi Australia menggambarkannya sebagai pemandangan "langka", mencatat negara itu tidak dilanda salju yang signifikan sejak 2015.
 
Peringatan cuaca buruk juga telah dikeluarkan untuk bentangan sepanjang 1.000 kilometer, termasuk Sydney. Warga didesak tetap tinggal di dalam rumah di tengah hujan lebat dan angin kencang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ahli meteorologi Lachlan Stone berkata, salju yang turun di Queensland, didorong udara yang lebih dingin dari selatan, merupakan kejadian yang langka di negara bagian dengan iklim subtropis hingga tropis.
 
"Tetapi di selatan negara bagian itu, khususnya di dekat perbatasan New South Wales, cukup bergunung-gunung dan di daerah-daerah yang tinggi itu bisa menjadi sangat dingin," katanya kepada BBC, Selasa, 4 Juni 2019.
 
Secara daring, banyak yang dengan cepat mengomentari pemandangan di "negara bagian" Australia -- yang lebih dikenali.
 
Pihak berwenang menyebutkan bahwa salju sudah jatuh di dekat kota Stanthorpe, 220km barat daya Brisbane. Kota itu mencatat suhu yang hampir beku pada Selasa, kata Stone. Salju setinggi 5 cm juga menyelimuti wilayah Blue Mountains, sebelah barat Sydney, mendorong penutupan jalan dan peringatan perjalanan.
 
Biro cuaca mengatakan angin kencang di sepanjang garis pantai New South Wales telah bertiup lebih dari 90 km per jam.
 
"Angin ini akan memicu kondisi ombak besar, membuat aktivitas pesisir berbahaya," katanya dalam sebuah pernyataan, disitat dari BBC, Selasa 4 Juni 2019.
 
Layanan feri di Sydney Harbour juga dihentikan karena kondisi yang menyulitkan. Juni menandai awal musim dingin di Australia.
 
Negara ini baru saja mengalami musim kemarau terpanas menurut catatan dan peristiwa cuaca ekstrem baru-baru ini termasuk kekeringan, banjir, dan kebakaran hutan.
 
Warga Australia lebih peduli tentang perubahan iklim daripada di manapun dalam satu dekade terakhir, menurut sebuah jajak pendapat baru-baru ini oleh Lowy Institute.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif