Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan PM Jepang Shinzo Abe di sela-sela KTT ASEAN di Malaysia, 22 November 2015. (Foto: AFP/ADEK BERRY)
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan PM Jepang Shinzo Abe di sela-sela KTT ASEAN di Malaysia, 22 November 2015. (Foto: AFP/ADEK BERRY)

PM Abe Berharap Kemenangan Jokowi Pererat Hubungan RI-Jepang

Internasional indonesia-jepang
Marcheilla Ariesta • 21 Mei 2019 18:26
Jakarta: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyampaikan selamat atas kemenangan petahana Joko Widodo dan pasangannya Ma'ruf Amin dalam pemilihan umum RI. Ia berharap kemenangan ini dapat mempererat hubungan persahabatan dan kerja sama kedua negara.
 
"PM Jepang telah mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Bapak Ir. H Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia. Dalam pesan ucapan selamat tersebut, PM Abe menyampaikan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Joko Widodo," demikian dikutip dari pernyataan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Selasa 21 Mei 2019.
 
Jepang dan Indonesia telah memulai hubungan diplomatik sejak kedua negara menandatangani Perjanjian Perdamaian pada 20 Januari 1958. "PM Abe juga menyampaikan harapan beliau untuk dapat terus bekerja sama dengan Presiden Joko Widodo guna memperkokoh hubungan antar kedua negara," sambung Kedubes Jepang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan bahwa pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin adalah pasangan pemenang dalam Pemilu serentak 2019. Dalam hasil rekap berita acara yang dibacakan Komisioner KPU, Evi Novida Ginting Manik, Jokowi-Ma'ruf memperoleh 85.607.362 (55,50 persen) suara, sementara paslon Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno memperoleh 68.650.239 (44,50 persen) suara.
 
Sementara itu dalam deklarasi kemenangannya, Jokowi bangga atas lancarnya pelaksanaan Pemilu serentak. Menurut dia, pesta demokrasi tahun ini berhasil dilaksanakan dengan damai.
 
Jokowi menilai kelancaran Pemilu Serentak 2019 menjadi bukti Indonesia sudah menjadi bangsa dewasa dalam berdemokrasi. Untuk itu, pencapaian tersebut patut diapresiasi seluruh lapisan masyarakat.
 
KPU menetapkan total pemilih terdaftar di dalam dan luar negeri berjumlah 199.987.870 orang. Sebanyak 158.012.506 warga menggunakan hak suara, yang menjadikan tingkat keikutsertaan dalam pemilu serentak mencapai 81,97 persen.
 
Baca:Ucapan Selamat Mahathir Atas Kemenangan Jokowi
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif