Dua orang warga Tiongkok positif terinfeksi virus korona di Vietnam. Foto: AFP
Dua orang warga Tiongkok positif terinfeksi virus korona di Vietnam. Foto: AFP

Bapak dan Anak Positif Virus Korona di Vietnam

Internasional virus korona vietnam
Fajar Nugraha • 24 Januari 2020 16:19
Ho Chi Minh: Pemerintah Vietnam memberikan konfirmasi ada dua orang yang positif terinfeksi virus korona. Kedua orang itu adalah bapak dan anak.
 
Kedua orang itu diidentifikasi sebagai Li Ding berusia 66 tahun dan putranya Li Zihchao, 28 tahun.
 
“Kedua warga Tiongkok itu dirawat di rumah sakit pada Rabu 22 Januari karena keluhan pneumonia dan kemudian dites positif terinveksi virus korona,” pernyataan pihak pemerintah, seperti dikutip The Straits Times, Jumat, 24 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Berdasarkan penyelidikan, mereka baru saja tiba dari Wuhan ke Hanoi pada 13 Januari dan menetap hingga 16 Januari,” imbuh pernyataan itu.
 
Pada 17 Januari mereka bepergian ke Kota Nha Trang di Provinsi Khanh Hoa dan ke Ho Chi Minh pada 19 Januari. Sementara pada 20 Januari keduanya kemudian tiba di Provinsi Long An.
 
“Kedua pasien saat ini mulai membaik dan dirawat di Rumah Sakit Cho Ray,” ucap Kementerian Kesehatan Vietnam.
 
Sementara Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc mengeluarkan perintah kepada kementerian kesehatan dan lembaga pemerintah lain untuk memperketat pengawasan di perbatasan. PM Nguyen meminta agar terduga terinfeksi virus korona segera ditangani.

Evaluasi WHO


Pemerintah Tiongkok hingga saat ini sudah mengisolir sembilan kota di pusat wabah virus korona menyebar. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan evaluasinya setelah pihak berwenang Tiongkok melakukan isolasi terhadap kota pusat penyebaran Virus Korona.
 
"Masih terlalu dini untuk menganggap ini sebagai status darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional," kata Kepala Komite Penasihat Darurat WHO, Didier Houssin.
 
WHO mendefinisikan keadaan darurat global sebagai ‘peristiwa luar biasa’ yang merupakan risiko bagi negara lain dan memerlukan respons internasional yang terkoordinasi. Keadaan darurat global sebelumnya telah dinyatakan untuk kemunculan virus Zika di Amerika, pandemi flu babi, dan polio.
 
Tercatat 26 orang tewas akibat wabah Virus Korona semuanya di dan sekitar Wuhan, yang populasinya mencapai 11 juta. 830 orang telah terinfeksi, sebagian besar dari mereka di Wuhan.
 
Banyak negara, telah mulai menyaring pelancong dari Tiongkok untuk mencegah penyebaran virus. Virus ini dapat menyebabkan demam, batuk, kesulitan bernapas dan radang paru-paru.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif