Najib Razak Dinilai Berhak Mendapatkan Perlakuan Terhormat
Mantan PM Malaysia Najib Razak tertidur di sofa ketika rumahnya digeledah (Foto: Malaysia Kini).
Kuala Lumpur: Perlakuan yang diterima oleh mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengundang keprihatinan. Penasihat pemerintah menilai Najib harus diperlakukan dengan baik.
 
(Baca: Geledah Rumah Najib Razak, Polisi Sita Satu Tas).
 
Ketua Dewan Penasehat Pemerintah Tun Daim Zainuddin menegaskan bahwa Najib harus diberi perlakuan secara bermartabat dan kesetaraan sebagaimana warga negara Malaysia yang lain.  Meskipun saat ini Najib tengah diselidiki atau dugaan kasus korupsi dan penggeledahan yang simultan terjadi di kediaman pribadinya sejak 48 jam lalu.
 
"Setiap orang harus dihormati dan diperlakukan seperti manusia, terutama mantan perdana menteri. Mereka (penyelidik) harus membiarkan orang tidur," kata Daim, seperti dikutip Malaysia Kini, Jumat 18 Mei 2018.
 
Mantan menteri keuangan itu tidak berkenan melihat rumah Najib digeledah pada Rabu 16 Mei tengah malam hingga dini hari.
 
(Baca: Polisi Periksa Brankas Milik Mantan PM Malaysia).
 
Dia menekankan bahwa meskipun operasi pencarian dilakukan, semua orang dianggap tidak bersalah sampai terbukti bersalah melalui persidangan.
 
"Jika ada kasus, langkah selanjutnya adalah dilakukan penuntutan. Ini adalah proses untuk semua orang tanpa kecuali," tambahnya.
 
Penggeledahan dilakukan atas dugaan korupsi 1 Malaysia Development Berhad (1MDB) yang melibatkan Najib. Skandal 1MDB kini sedang diselidiki secara serius setelah pemerintahan Najib digulingkan oleh Mahathir Mohamad.
 
PM Mahathir memerintahkan skandal 1MDB ini harus diusut tuntas, terlebih dugaan aliran dana ke rekening pribadi Najib senilai ratusan juta dolar Amerika yang diakui Najib sebagai pemberian dari Kerajaan Arab Saudi.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id