Polisi Periksa Brankas Milik Mantan PM Malaysia
Pemeriksaan di rumah mantan PM Malaysia Najib Razak (Foto: Malaysia Kini).
Kuala Lumpur: Polisi Malaysia menemukan sebuah brankas besi milik mantan Perdana Menteri Najib Razak. Namun hingga saat ini belum diketahui isi brankas tersebut.
 
Brankas ditemukan saat dilakukan penggeledahan rumah Najib oleh pihak kepolisian pada Rabu 16 Mei 2018. Polisi mengatakan menemukan brankas itu di lantai pertama rumah Najib.
 
(Baca: Geledah Rumah Najib Razak, Polisi Sita Satu Tas).
 
Pengacara dari Najib, Datuk Harpal Singh Grewal mengatakan bahwa kliennya tidak memiliki kunci dari kotak besi itu. Menurutnya brankas ini belum pernah dibuka selama 20 tahun.
 
"Sekitar pukul 8.30 pagi (Kamis 17 Mei 2018), beberapa polisi memasuki sebuah kamar di lantai satu dan memutuskan untuk mengebor brankas yang terkunci. Pengeboran berlanjut bahkan hari ini pukul 5.00 sore dan tidak ada ketenangan di rumahnya (Najib)," kata Singh dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Malaysia Kini, Kamis 17 Mei 2018.
 
50 hingga 60 petugas polisi dari Departemen Investigasi Kejahatan Komersial Bukit Aman , tiba di rumah Najib pukul 10.00 malam tadi malam. Mereka kemudian mengamankan lingkungan setempat dan menginformasikan bahwa mereka ingin melakukan pencarian.
 
Singh menegaskan bahwa Najib setuju untuk bekerja sama penuh dan memungkinkan polisi untuk melaksanakan pekerjaan mereka.
 
"Polisi itu dibagi menjadi beberapa kelompok dan melakukan pemeriksaan di seluruh rumah klien saya dan membuka beberapa kotak barang-barang pribadi yang kemudian dibungkus dan dibawa dari kediaman resminya," tutur Singh.
 
"Pencarian berlanjut sampai sekitar pukul 5.00 pagi ketika tiga kotak barang-barang pribadi dan tas dan pakaian dikemas dalam kotak sebelum dibawa oleh polisi," katanya.
 
Harpal Singh menjelaskan bahwa polisi telah mengatakan kepada mereka bahwa mereka akan meninggalkan rumah setelah mereka siap untuk menyelesaikan kotak terakhir.
 
(Baca: Polisi Malaysia Masih Kepung Rumah Najib Razak).
 
Sekitar pukul 5.00 pagi, pengacara mengatakan masih ada beberapa polisi di luar rumah Najib sampai beberapa jam kemudian. Setelah itu Singh mengatakan polisi menemukan brankas.
 
Menurut Harpal Singh, kali ini Najib lelah, merasa terganggu, dan beristirahat. "Namun polisi tidak menanyainya," katanya.
 
Bagi Singh, polisi tidak menemukan sesuatu yang penting dan tidak ada dokumen yang diambil. Harpal Singh juga mengatakan kepada polisi bahwa surat perintah penggeledahan terkait dengan isu-isu anti pencucian uang.
 
Menurut pengacara, pencarian di tempat dan berbagai barang yang disita dan pengeboran kubah lama dapat menyebabkan gangguan pada Najib, keluarganya dan penduduk lainnya di daerah tersebut.
 
"Ini memberikan citra buruk kepada Najib. Lebih penting bahwa pemeriksaan itu terjadi selama Ramadan," katanya.
 
Menurut Harpal Singh, Najib telah menyatakan kesediaannya untuk memberikan kerja sama penuh kepada pihak-pihak terkait, tetapi telah terjadi gangguan terus menerus selama hampir 18 jam dan tidak ada hasil yang berarti.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id