Najib Razak datang ke Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur, Malaysia, 15 April 2019 . (Foto: AFP/STR)
Najib Razak datang ke Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur, Malaysia, 15 April 2019 . (Foto: AFP/STR)

Najib Razak Jalani Persidangan Lanjut Skandal 1MDB

Internasional politik malaysia 1mdb
Arpan Rahman • 15 April 2019 14:21
Kuala Lumpur: Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menjalankan sidang lanjutan kasus korupsi pada Senin 15 April 2019. Persidangan ini merupakan kelanjutan dari pengusutan skandal besar perusahaan 1MDB yang menjerat Najib.
 
Pria 65 tahun itu mulai disidang pada bulan ini atas dugaan keterlibatan dalam pencurian dana bernilai fantastis dari 1MDB. Najib dan para kroninya dituduh menggunakan dana miliaran dolar itu untuk membeli berbagai barang mewah, mulai dari perumuhan elite hingga kapal pesiar.
 
Tuduhan skandal 1MDB menjadi salah satu penyebab utama kekalahan Najib dalam pemilihan umum tahun lalu. Usai dikalahkan Mahathir Mohamad, Najib ditangkap dan dikenai sejumlah dakwaan terkait 1MDB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sidang perdana Najbi dimulai pada 3 April lalu. Ia membantah tujuh dakwaan terkait pencurian dana senilai 42 juta ringgit dari SRC International, bekas anak perusahaan 1MDB.
 
Dilansir dari laman AFP, angka 42 juta ringgit disebut hanya bagian kecil dari total uang yang diambil dari 1MDB.
 
Dalam persidangan hari kedua DI Pengadilan Tinggi Kuala Najib datang dengan mengenakan jas hitam, kemeja putih dan dasi. Ia melewati kerumunan jurnalis dan kemudian memasuki ruang persidangan.
 
Jaksa Agung Tommy Thomas sebelumnya pernah berkata bahwa Najib "tidak berada di atas hukum" meski pernah menjadi PM Malaysia selama hampir satu dekade.
 
Mengenai skandal 1MDB ini, Najib membantah telah melakukan semua pelanggaran yang dituduhkan kepadanya.
 
Departemen Kehakiman Amerika Serikat, yang juga menyelidiki skandal 1MDB, meyakini total uang senilai USD4,5 miliar (setara Rp6,3 triliun) telah dicuri Najib dan para kroninya.
 
Baca:Dituduh Korupsi, Mantan PM Malaysia Tegaskan Tak Bersalah
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif