Antusiasme warga Vietnam menantikan pertemuan Kim Jong-un dan Donald Trump. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).
Antusiasme warga Vietnam menantikan pertemuan Kim Jong-un dan Donald Trump. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).

Warga Vietnam Ingin Saksikan Perdamaian Dunia

Internasional Amerika Serikat-Korea Utara
Sonya Michaella • 26 Februari 2019 15:13
Hanoi: Jelang pertemuan kedua antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un di Hanoi, Vietnam, negara ini didatangi oleh lebih dari tiga ribu jurnalis dari seluruh dunia.
 
Tak hanya itu, International Media Centre yang bertempat di ibu kota pun ramai didatangi para warga Vietnam. Beberapa di antara mereka mengaku senang karena salah satu pertemuan bersejarah digelar di negaranya.
 
Baca juga: Kim Jong-un Tiba di Vietnam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Warga Vietnam rela mengantre untuk mengambil foto di depan baliho DPRK-USA Hanoi Summit di International Media Centre. Pasalnya, lokasi ini ditata seindah mungkin dengan adanya hiasan bunga di depan pintu masuk.
 
“Kami senang. Kami ingin melihat perdamaian dunia. Dan kami senang pertemuan mereka (Trump-Kim) bisa digelar di Hanoi,” kata seorang warga bernama Phu Trang kepada Medcom.id, di Vietnam, Selasa 26 Februari 2019.
 
Kim Jong-un pun dipastikan telah tiba di Vietnam pada hari ini setelah menghabiskan 60 jam perjalanan menggunakan kereta api dari Pyongyang. Namun, belum diketahui di hotel apa Kim menginap.
 
Sebelum bertemu Trump, Kim dikabarkan hendak terlebih dahulu mengunjungi kawasan industri di provinsi Quang Ninh dan Bac Ninh, yang merupakan lokasi berdirinya sebuah pabrik Samsung.
 
Sementara itu, Trump menggunakan rute yang lebih konvensional menuju Vietnam dengan menggunakan pesawat kepresidenan Air Force One. Trump dan rombongan dijadwalkan mendarat di Hanoi malam ini.
 
Sebelum bertolak dari AS menuju Vietnam, Trump sempat menuliskan di Twitter bahwa dirinya antusias bertemu lagi dengan Kim dan melakukan pertemuan kedua yang "sangat produktif."
 
KTT perdana Kim dan Trump di Singapura pada Juni tahun lalu hanya menghasilkan kesepakatan samar tanpa detail. Sejumlah analis mengatakan KTT kedua ini seharusnya menelurkan hasil yang jauh lebih konkret mengenai denuklirisasi.
 
Baca juga: Perang Korea Kemungkinan Diumumkan Berakhir pada KTT Hanoi.
 
Saat nanti tiba di Hanoi, Kim akan menginap di Hotel Melia, sekitar satu kilometer dari Rumah Tamu Negara yang diyakini akan menjadi tempat KTT kedua. Seorang staf mengatakan kepadaAFPbahwa Hotel Melia sudah penuh hingga awal Maret mendatang.
 
Pusat pers Gedung Putih dikabarkan akan berdiri di hotel yang sama, dan sejumlah personel keamanan Korut juga terlihat memasuki bangunan tersebut pada Minggu kemarin.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif