Tersangka pembunuhan Kim Jong-nam asal Vietnam, Doan Thi Huong, akan segera dibebaskan. (Foto: AFP).
Tersangka pembunuhan Kim Jong-nam asal Vietnam, Doan Thi Huong, akan segera dibebaskan. (Foto: AFP).

Doan Thi Huong Diprediksi Bebas Awal Mei 2019

Internasional malaysia pembunuhan kim jong-nam
Marcheilla Ariesta • 02 April 2019 09:55
Nam Dinh: Tersangka pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, Doan Thi Huong diprediksi bebas awal Mei 2019.
 
Pihak keluarga meminta Doan untuk sabar menanti hingga hari pembebasannya. "Kami ingin dia segera dibebaskan," kata ibu tiri Doan, Nguyen Thi Vy di Vietnam, dilansir dari The Star, Selasa 2 April 2019.
 
"Keluarga cukup senang dia bisa bebas dari hukuman mati," imbuhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Prediksi bebasnya Doan pada awal bulan depan itu disampaikan kuasa hukumnya, Hisyam Teh Poh Teik. Dia mengatakan kondisi ini terjadi usai jaksa penuntut umum Malaysia mengubah dakwaan terhadap Doan dan dia terhindar dari hukuman mati.
 
"Menurut aturan lembaga pemasyarakatan, seluruh tahanan mendapat remisi sepertiga dari masa hukuman. Jadi, menurut perhitungan kami Doan akan bebas pada 4 Mei," jelasnya.
 
Hukuman baru untuk Doan adalah tiga tahun dan empat bulan penjara. Ini mencakup waktu yang dijalani sejak penangkapannya pada Februari 2017.
 
Baca:Seperti Siti Aisyah, Doan Thi Huong Kemungkinan Dibebaskan
 
Ibu tiri Doan mendesaknya untuk tetap kuat hingga saat itu. "Kepada siapa pun yang menemuinya, tolong katakan padanya untuk mencoba bertahan, hanya satu bulan lagi," tuturnya.
 
Jika Doan benar dibebaskan, maka dia akan mengikuti langkah Siti Aisyah, warga negara Indonesia yang juga menjadi tersangka pembunuhan tersebut. Siti Aisyah dibebaskan pada 11 Maret 2019.
 
Usai Siti Aisyah dibebaskan, pengacara Doan juga mengajukan permintaan yang sama. Namun, permintaan awalnya agar tuduhan pembunuhannya dibatalkan seluruhnya.
 
Kedua perempuan tersebut selalu membantah melakukan pembunuhan. Alih-alih membunuh, keduanya selalu mengatakan mereka ditipu oleh mata-mata Korea Utara.
 
Mereka mengaku melakukan acara lelucon untuk televisi. Namun, apa yang mereka lakukan mengejutkan karena Kim Jong-nam terbunuh dengan menggunakan racun saraf VX.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif