NEWSTICKER
Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Usai Ditahan Myanmar, 14 Nelayan WNI Pulang Hari Ini

Internasional wni perlindungan wni wni ditangkap
Sonya Michaella • 30 Januari 2019 05:30
Banda Aceh: Sebanyak 14 nelayan berkewarganegaraan Indonesia yang sempat ditahan aparat Myanmar (sebelumnya disebut ditahan di Thailand) akhirnya kembali ke Tanah Air, hari ini. Mereka akan langsung dipulangkan ke provinsi asal, Daerah Istimewa Aceh.
 
Baca juga: 16 Nelayan Aceh Ditangkap di Perairan Thailand.
 
Mereka ditangkap pada November 2018 karena memasuki perairan Myanmar dan ditahan di Kawthaung, sekitar 24 jam perjalanan darat dari Ibu Kota Yangon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Awalnya, yang ditangkap 16 nelayan WNI. Tetapi, yang satu meninggal karena panik saat penangkapan, lalu loncat. Kapten kapal harus menjalani proses hukum,” kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhamad Iqbal, kepada awak media di Banda Aceh, Rabu 30 Januari 2019.
 
Menurut rencana, lanjut dia, 14 WNI ini akan diserahterimakan langsung kepada Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Serah terima akan dilakukan pada sore hari ini.
 
Kapal yang awalnya membawa 16 WNI asal Aceh ini memang merupakan kapal pencari ikan bernama KM Bintang Jasa. Mereka berangkat dari Kuala Idi, Aceh Timur, pada 31 Oktober 2018 sekitar pukul 14.00 WIB.
 
Para nelayan yang ditangkap tersebut bernama Jamaluddin, Nurdin, Samidan, Efendi, Rahmat, Saifuddin, Nazaruddin, Syukri, Darman, Safrizal, Umar, M Aris, Jamaluddin, Sulaiman, M Akbar, dan Paiturahman.
 
Pembebasan 14 nelayan ini juga tak lepas dari komunikasi rutin yang dilakukan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi serta pendekatan KBRI Yangon kepada Pemerintah Myanmar.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif