Pemilihan umum RI 2019. (Foto: Antara).
Pemilihan umum RI 2019. (Foto: Antara).

Taiwan Kagumi Demokrasi di Indonesia

Internasional pilpres 2019 indonesia-taiwan pemilu serentak 2019
Marcheilla Ariesta • 20 April 2019 17:44
Taipei: Pemerintah Taiwan mengucapkan selamat atas kesuksesan Pemilu 2019 Indonesia. Mereka juga mengucapkan selamat kepada 270 ribu warga negara Indonesia (WNI) di Taiwan yang berpartisipasi dalam Pemilu ini.
 
"Pemerintah Taiwan secara khusus mengirim pesan ucapan selamat kepada Pemerintah Indonesia, juga terutama ucapan selamat kepada 270.000 pemilih Indonesia yang tinggal di Taiwan," demikian dikutip dari keterangan tertulis Dewan Koordinasi Diplomasi Publik, yang diterima Medcom.id, Sabtu, 20 April 2019.
 
Mereka menganggap Pemilu Presiden dan Legislatif di Indonesia ini memberikan contoh kedewasaan berdemokrasi. "Pemilihan ini menunjukkan keberhasilan perkembangan demokrasi Indonesia dan kami merasa kagum," tutur mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Taiwan menuturkan sangat dekat dengan Indonesia secara geografis. Selain itu, RI-Taiwan juga berbagi nilai-nilai universal, seperti kebebasan, demokrasi dan supremasi hukum, serta hubungan persahabatan.
 
"Sejak mempromosikan 'kebijakan baru ke arah selatan', hubungan kedua negara menjadi semakin erat, diantaranya di bidang ekonomi, perdagangan, budaya, pendidikan, pertanian, pariwisata serta interaksi antar warga telah meningkat secara signifikan," tutur Taiwan dalam pernyataan tersebut.
 
Pemerintah Taiwan melanjutkan siap bekerja sama dengan Indonesia di atas dasar yang baik. Mereka juga ingin saling menjunjung tinggi semangat saling menguntungkan dan akan terus memperdalam hubungan kerja sama antara kedua belah pihak di berbagai bidang.
 
Selain itu, mereka juga ingin RI-Taiwan bersama-sama membela kebebasan dan demokrasi, serta memperjuangkan perdamaian dan kemakmuran regional.
 
Baca juga:Negara Asing Nilai Indonesia Sukses Gelar Pemilu Serentak
 
Pemilihan umum RI 2019 mendapat banyak pujian dari negara-negara asing. Pasalnya, Indonesia berhasil menggelar pemilihan presiden dan wakilnya bersamaan dengan legislatif.
 
Ini baru pertama kali terjadi di dunia. Mereka mengatakan Indonesia mengukir sejarah baru dan menjadi contoh untuk negara demokrasi lainnya.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif